Breaking News:

Berita Belu Bersinar

Pemerintah Kabupaten Belu Sediakan Internet Gratis Bagi Masyarakat di 42 Titik

Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan jaringan internet gratis bagi masyarakat yang

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si. 

Pemkab Belu Sediakan Internet Gratis Bagi Masyarakat di 42 Titik

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, ATAMBUA - Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan jaringan internet gratis bagi masyarakat yang tersebar di 42 titik. Perangkat jaringan internet ini merupakan dari Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo. 

Jaringan internet gratis ini dipasang di sarana pelayan publik seperti puskesmas dan kantor desa serta rumah ibadah. Masyarakat bisa mengakses internet gratis tersebut. 

Keberadaan internet gratis ini sungguh bermanfaat bagi masyarakat terutama kalangan pelajar dan mahasiswa yang melaksanakan pembelajaran online dan kuliah online di selama pandemi COVID-19. Kebijakan pembelajaran online dan juga kuliah online ini membuat siswa dan mahasiswa harus membutuhkan jaringan internet. 

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M. Si saat ditemui Pos Kupang. Com, Selasa 29 Juni 2021.

Dikatakannya, pemasangan internet gratis tersebut, selain untuk melancarkan urusan kerja dinas seperti di puskesmas dan kantor desa juga membantu masyarakat sekitar mendapat layanan internet gratis. Para penerima atau pengelola internet diinstruksikan agar di waktu-waktu tertentu harus membuka ruang bagi masyarakat untuk mengakses internet tersebut. Apalagi di era pandemi, siswa belajar online dan mahasiswa juga kuliah online. 

Bagi siswa dan mahasiswa yang membutuhkan internet gratis untuk pembelajaran online tidak harus ke kota tetapi cukup datang ke sarana yang tersedia internet gratis seperti di puskesmas atau rumah ibadah. 

Menurut Kadis Kominfo, meski banyak orang lebih memilih menggunakan internet berbayar namun pemerintah sebagai pelayan masyarakat wajib menyediakan sarana seperti itu. Diharapkan, masyarakat dapat memanfaatkan layanan internet gratis

"Dan hasil pantauan kami, keberadaan internet gratis ini memberikan manfaat bagi masyarakat di desa. Untuk mendapatkan layanan internet gratis, masyarakat terutama siswa tidak harus ke kota tetapi cukup mendatangi puskesmas dan rumah ibadah yang sudah terpasang internet gratis", ujar Jap, sapaan Kadis Kominfo Kabupaten Belu. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved