Breaking News:

Pasien Covid-19 di Flores Timur Melonjak, RSUD Larantuka Kekurangan Ruangan

Kasus Covid-19 di Flores Timur melonjak drastis. Hingga hari Selasa 22 Juni 2021, sebanyak 120 pasien terkonfirmasi positif Covid-19

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Amar Ola Keda
Petugas medis di RSUD Larantuka sedang menyiapkan tempat tidur untuk menampung pasien covid-19 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA-Kasus Covid-19 di Kabupaten Flores Timur melonjak drastis. Hingga hari ini, Selasa 22 Juni 2021, sebanyak 120 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Melonjaknya pasien covid-19 ini membuat ruangan isolasi hingga IGD di rumah sakit umum daerah ( RSUD) dr. Hendrikus Fernandez Larantuka sempat penuh.

Kepala Dinas Kesehatan Flores Timur, dr. Ogie Silimalar mengatakan, selain menjalani karantina terpusat di RSUD, sebagian pasien juga menjalani karantina mandiri.

"120 pasien positif covid-19 ini menyebar di beberapa Puskesmas. Flotim memang masih masuk zona merah. Di ruangan isolasi RSUD sempat penuh, tapi lagi diusahakan beberapa ruangan untuk perawatan pasien covid-19," ujarnya kepada wartawan, Selasa 22 Juni 2021. 

Sementara itu, Kepala bidang informasi, pengembangan SDM dan rekam medik RSUD Larantuka, dr. Paulus Lameng mengaku ruangan isolasi yang khusus menampung pasien covid-19, saat ini penuh.

Baca juga: Penjelasan Pihak RSUD Larantuka Terkait Jenazah Benediktus Boli Hayon Dimuat Pakai Mobil Pickup

 

"Dari kapasitas 18 tempt tidur, saat ini sudah terisi 16 pasien. Sebentar lagi dua pasien yang sudah di IGD mau dipindahkan ke ruangan isolasi, jadi full," katanya. 

Untuk mengatasi itu, sebagian pasien dipindahkan ke ruangan perawatan VIP. Selain kekurangan tempat tidur pasien, kata dia, pihaknya juga masih kekurangan fasilitas penunjang lainnya seperti alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan. 

"Total pasien covid-19 yang dirawat di RSUD ada 33 pasien. 18 di ruangan iso, 8 di ruangan VIP dan sisanya di ruangan perawatan yang kami upayakan untuk mengatasi kekurangan ruangan," katanya.

Ia menambahkan, dari hasil koordinasi dengan Dinkes, ada dua tenaga dokter dan enam perawat akan ditugaskan ke RSUD guna menangani pasien Covid-19.

Baca juga: BREAKING NEWS: Tak Ada Mobil Ambulans di RSUD Larantuka, Keluarga Muat Jenazah Pakai Pickup

"Di ruangan yang kurang pasien, kita geser tempat tidurnya ke ruangan iso covid. Kita sudah ajukan ke BPBD dan Dinsos, karena APD nakes juga sangat terbatas," tandasnya. (*)

Berita Flores Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved