Breaking News:

Kadis PMD Sumba Barat Minta Para Kades Percepat Selesaikan Temuan Inspektorat

Tindaklanjuti Arahan Bupati, Kadis PMD Sumba Barat Minta Para Kades Percepat Selesaikan Temuan Inspektorat

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
Kadis PMD Sumba Barat Minta Para Kades Percepat Selesaikan Temuan Inspektorat
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kadis PMD Sumba Barat, Jefri Dapamerang

Tindaklanjuti Arahan Bupati, Kadis PMD Sumba Barat Minta Para Kades Percepat Selesaikan Temuan Inspektorat

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK----Menindaklanjuti arahan Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H terkait temuan Inspektorat Sumba Barat terhadap pengelolaan dana desa dalam pertemuan dengan para kepala desa pekan lalu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( Kadis PMD) Kabupaten Sumba Barat, Jefri Dapamerang mengatakan, telah meminta para kepala desa mempercepat proses penyetoran kembali dana desa ke kas desa atau kas daerah sesuai hasil temuan tim inspektorat itu.

Berdasarkan hasil pemantauannya para kembali desa mulai melakukan penyetoran kembali ke kas desa dan bukti setoran itu diserahkan ke Inspektorat Sumba Barat.

Baca juga: Bhakti Nyata Pamsimas Dekatkan Air untuk Warga Desa Kolilanang Pulau Adonara

Baca juga: Bupati Korinus Minta Dukungan DPRD Kupang agar TMMD Dilakukan Dua Kali Setahun

Menurutnya temuan itu hampir terjadi disemua desa (63 desa) se-Kabupaten Sumba Barat terutama berkaitan dengan pembayaran pajak. Umumnya persoalan itu terjadi pada masa kepala desa lama. Memang ada juga terjadi pada masa kepemiminan kepala desa sekarang. Namun secara kuantitas sedikit dibanding pada masa kepala desa lama. Kejadian itu menonjol terjadi pada masa kepala desa lama. Hal itu terjadi karena keterbatasan sumber daya manusia (SDM) aparatur desa.

Karena itu, pihaknya mendorong agar segera menyelesaikannya agar tidak berurusan dengan penegak hukum.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Jefri Dapamerang, Selasa (15/6/2021) ketika dikonfirmasi tentang tindaklanjut arahan Bupati Sumba Barat yang meminta para kepala desa segera menyelesaikan temuan Inspektorat Sumba Barat dalam pertemuan dengan para kepala desa yang berlangsung di aula Kantor Bupati Sumba Barat pekan lalu.

Baca juga: Bupati Flores Timur Gandeng Tokoh-tokoh Inspiratif Launching Perdana Pasar Murah

Baca juga: Cegah Covid-19, Anggota KBT dan Masyarakat di Kodim 1612 Manggarai Disuntik Vaksin Astra Zeneca

Menurutnga, para kepala terus berusaha menyelesaikan permasalahanya. Ia berharap para kepala desa menuntaskan temuan inspektorat sesuai waktu yang diberikan bupati Sumba Barat seminggu lamanya terhitung tanggal 11 Juni 2021. Ia optimis para kepala desa terus berupaya menuntaskannya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved