Breaking News:

Strategi Prabowo Cegah Mafia Alutsista: Negosiasi Langsung dengan Negara Produsen

Untuk mencegah terjadinya mafia alutsista seperti yang dikhawatirkan, Prabowo Subianto memilih bernegosiasi langsung dengan negara produsen.

Editor: Agustinus Sape
Youtube/Deddy Corbuzier
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bicara tentang pembelian Alutsista di podcast Deddy Corbuzier. 

Strategi Prabowo Cegah Mafia Alutsista: Negosiasi Langsung dengan Negara Produsen

POS-KUPANG.COM - Rancangan Anggaran Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rp 1.700 triliun untuk pengadaan alutsista memancing komentar miring karena kecurigaan adanya mafia.

Menhan Prabowo Subianto tidak mempermasalahkannya karena rancangan itu belum final dan belum sampai pada tingkat negosiasi dengan negara produsen

Untuk mencegah terjadinya mafia alutsista seperti yang dikhawatirkan, Prabowo Subianto memilih bernegosiasi langsung dengan negara produsen.

Bagi Prabowo, keterlibatannya dalam negosiasi akan menjadi sistem setiap Indonesia akan melakukan pengadaan alutsista.

"Kita mau tertibkan, mau minimalkan (potensi keterlibatan mafia). Caranya bagaimana, ya kita susun suatu sistem. Sistemnya apa? Jadi sekarang banyak yang saya lakukan, saya negoisasi langsung dengan produsen," ujar Prabowo, dikutip dari kanal Youtube Deddy Corbuzier, Minggu 13 Juni 2021.

Prabowo mengatakan, dengan cara tersebut, ia juga bisa mengetahui berapa harga alutsista yang dibidik.

Prabowo sendiri tak menutup mata adanya mafia alutsista. Karena itu, sebisa mungkin ia meminimalisasi keterlibatan mafia agar alutsista yang diincar bisa terealisasi.

Cara lain yang dilakukan Prabowo dalam mengantisipasi keterlibatan mafia adalah dengan menggandeng Kejaksaan Agung, Badan Pengawasan Keungan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menurut Prabowo, keterlibatan ketiga instansi tersebut untuk memeriksa semua kontrak sebelum kontrak tersebut efektif dengan negara produsen.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved