Breaking News:

Gelar Donor Darah, Aston Kupang Kumpulkan 42 Kantong Darah

Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial yang berguna bagi banyak orang

Penulis: F Mariana Nuka | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Intan Nuka
Aston Kupang Hotel and Convention Center menggelar kegiatan sosial Donor Darah di Palacio Ballroom, Senin (14/6). Sebanyak 42 kantong darah terkumpul dalam kegiatan tersebut. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial yang berguna bagi banyak orang. Atas dasar itu, Aston Kupang Hotel and Convention Center rutin melakukan kegiatan donor darah di Palacio Ballroom, Senin (14/6).

General Manager Aston Kupang Hotel and Convention Center Kupang, Sony Bambang kepada wartawan mengungkapkan, kegiatan sosial donor darah adalah salah satu bentuk implementasi lima pilar value Aston, empathy (empati) yang diberikan bagi semua pihak di sekeliling Aston. Apalagi, kebutuhan darah di Kota Kupang masih kurang.

Dia menyebut, kegiatan hari ini bekerja sama dengan PMI dengan target darah yang terkumpul sebanyak 40 kantong darah. Sekiranya ada 60 institusi yang diundang terlibat dalam kegiatan tersebut diantaranya pemerintahan,  TNI/Polri, dan korporasi.

Baca juga: TMMD 2021 Dipusatkan di Desa Nekmese dan Sahraen, Kabupaten Kupang, NTT

Baca juga: Terkesan Hasil Bumi Ende Chef Asal Yogyakarta Harap Pemerintah Besarkan Kuliner Lokal

"Saya harap pelaksanaan donor darah ini tidak hanya dilakukan oleh Aston. Sesama hotel lain bisa lakukan hal serupa," ungkapnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, beberapa orang sedang melakukan donor darah, sebagian lain sedang mengonsumsi makanan usai mendonorkan darah. Laasar Adu (41), seorang wiraswasta di Kota Kupang, tampak sedang mengambil kacang hijau usai donor. Pria yang telah aktif mendonorkan sejak tahun 1999 ini memang rutin melakukan donor darah di Aston Kupang. Jika tidak dilakukan oleh Aston, dia pergi mendonorkan darah di PMI atau terlibat dalam kegiatan lain. Dia aktif mendonorkan darah AB miliknya setiap empat bulan sekali.

Laasar bercerita, dia memang melakukan konsultasi dengan dokter dan merasa bahwa donor darah adalah salah satu terapi kesehatan terbaik bagi tubuh. Dengan donor darah, ada zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang keluar. Ketika darah keluar, kata dia, melalui tulang, tubuh akan memproduksi darah lagi.

Baca juga: Promo Indomaret Hari Ini Hingga Besok 15 Juni 2021 Koko Krunch Rp8.700 Beli2 Gratis1: Taro Potabee

Baca juga: Katalog Promo Alfamart Lengkap Senin 14 Juni 2021 Serba Rp 10Ribu: Biskuit Marie Regal Bintang Tissu

Setelah mendonorkan darah, dia merasa tubuhnya menjadi lebih segar dan ringan. Dia pun menganjurkan masyarakat untuk melakukan donor, tidak hanya untuk terapi, tapi membantu menolong sesama manusia, khususnya perempuan yang akan melahirkan.

"Selain terapi, kita juga menolong orang," kata pria asal Rote ini.

"Saya anjurkan masyarakat yang rasa badannya sehat dan segar, tidak usah cari terapi kesehatan lain, donor darah saja," ajak Laasar.

Sementara itu, Kepala Urusan Pemeliharaan Detasemen Peralatan Korem 161/Wirasakti Kupang, Fx Benny Sulistianto (47) yang juga ikut mendonorkan darah meminta PMI untuk lebih menyosialisasikan manfaat donor darah ke masyarakat luas. Menurutnya, banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat donor darah.

"Jadi donor itu kan untuk pengecekan darah kita, kesehatan kita. Ini pergantian darah kotor, keluar, lalu lewat makanan yang kita konsumsi itu darah yang baru itu. Selain itu ya bisa bantu orang lain," tandas pria bergolongan darah A ini.

Ajakan untuk mendonorkan darah juga diungkapkan oleh salah seorang karyawan Aston Kupang, Hanny. Dia berharap, masyarakat bisa rutin melakukan donor darah karena penting dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Adapun dalam kegiatan donor darah tersebut terkumpul 42 kantong darah dengan rincian 8 kantong golongan darah A, 12 kantong golongan darah B, 18 kantong golongan darah O, dan 4 kantong golongan darah AB. Sementara jumlah peserta donor darah yang hadir sebanyak 73 orang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved