Breaking News:

Salam Pos Kupang

Pilih Mana, CPNS Atau PPPK?

MESKIPUN Badan Kepegawaian Negara ( BKN) belum menetapkan jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021

Editor: Kanis Jehola
Pilih Mana, CPNS Atau PPPK?
DOK POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM- MESKIPUN Badan Kepegawaian Negara ( BKN) belum menetapkan jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021, namun jutaan pencari kerja mulai lulusan SMA hingga S3 kini sudah bersiap-siap mengikuti seleksi tersebut.

Hampir semua pencari kerja sudah menyiapkan berbagai kelengkapan administrasi yang diperlukan untuk mengikuti seleksi tersebut, mulai dari pengurusan surat keterangan catatan kepolisian ( SKCK), pengurusan ijazah dan transkip nilai serta berbagai kelengkapan persyaratan lainnya.

Begitu banyaknya animo para pencari kerja mengikuti seleksi CPNS dan PPPK karena pekerjaan di lembaga pemerintah ini masih menjadi favorit para pencari kerja dibandingkan bekerja di lembaga swasta. Tentu saja ada alasan yang bersifat personal mengapa masih banyak pencari kerja favorit bekerja di lembaga pemerintah ketimbang lembaga swasta.

Untuk tahun 2021 ini, pemerintah sudah menetapkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, formasi CPNS dan PPPK tahun 2021 sebanyak 698.618. Jumlah tersebut turun dari target awal sebanyak 1,3 juta orang.

Baca juga: Man United Ajukan Tawaran Baru Jadon Sancho 67 Juta Pound, Borrussia Dortmund Minta 77,5 Juta

Baca juga: Anggaran Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat TA 2020 Rp 33 miliar

Formasi tersebut sudah termasuk CPNS jalur umum dan sekolah kedinasan, PPPK non-guru, dan PPPK guru. Ada 56 instansi yang menerima formasi ASN, termasuk 8 sekolah kedinasan, tersebar di 494 kabupaten/kota.

Masih menurut Tjahjo Kumolo, penetapan formasi CPNS dan PPPK tahun ini berdasarkan kebutuhan instansi, bukan keinginan. Dengan begitu diharapkan ASN yang dihasilkan benar-benar profesional dan bukan duduk di belakang meja.

Ada hal menarik dalam seleksi CPNS dan PPPK tahun ini. Para pencari kerja yang berencana mendaftar mengikuti seleksi CPNS dan PPPK 2021, harus memilih salah satu. Pelamar tidak bisa mengajukan untuk CPNS dan PPPK sekaligus.

Baca juga: Promo Alfamart Serba Gratis Jumat 11 Juni 2021, Beli Roma Kelapa Gratis Kopiko Lucky Day

Baca juga: Promo Spesial Mingguan Alfamart Jumat 11 Juni 2021, Bayar Pakai Gopay ada Ekstra Potongan Rp 1500

Karena itu peserta yang mendaftar seleksi diharapkan benar-benar memilih posisi yang diinginkan sebagai tempat mengabdi dan bukan hanya coba-coba dan mencari untung-untungan. Para peserta diharapkan memilih yang sesuai persyaratan, karakteristik, dan kompetensinya. Haruslah tetapkan pilihan, mengikuti seleksi CPNS Atau PPPK?

Penentuan atau penetapan pada salah satu pilihan ini memiliki manfaat. Selain jabatan yang dipilih adalah pilihan terbaik untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara, juga untuk menghindari pendobelan yang mengakibatkan kerugian pada peserta lain.

Sebagai ilustrasi, si A mengikuti seleksi CPNS dan PPPK sekaligus. Kedua-duanya lulus. Ini jelas merugikan orang lain karena si A tentu hanya memilih salah satu di antara dua. Sementara satu pilihan yang tidak dipilih si A akhirnya kosong. Padahal peluang peserta lain sebenarnya ada disitu kalau saja si A tidak ikut dalam seleksi tersebut. *

Kumpulan Salam Pos Kupang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved