Breaking News:

Digelar Tertutup, Rapat Pansus DPRD Jadwalkan Uji Petik Lapangan dari LKPj Walikota Kupang

Rapat Pansus DPRD Kota Kupang terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ( LKPj) Walikota Kupang

POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Ruang sidang utama sasando DPRD Kota Kupang. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Rapat panitia Khusus ( Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kota Kupang terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Kupang digelar secara tertutup, Senin 7 Juni 2021 sejak pukul 10.00 WITA di ruang sidang utama sasando.

Ketua pansus Tellendmark Daud, mengatakan sejauh ini telah melakukan rapat untuk meminta klarifikasi terhadap beberapa OPD di komisi I dan II. Dijadwalkan rapat ini akan berlangsung hingga pukul 17.00 nanti.

Ia pun menyampaikan pada Selasa 8 Juni 2021 dan Rabu 9 Juni 2021 sesuai jadwal, pansus akan melakukan uji petik lapangan terhadap program-program yang belum lengkap ketika dalam penjelasan pimpinan OPD.

Baca juga: Hypermart Hari Ini 7 Juni 2021 Sambal Botol ABC Rp10.900  Sariwangi Sarimurni Murah, Gula Pasir Rp 1

Baca juga: Pemkot Kupang Gelontorkan Rp 2,13 Miliar Untuk Bedah 64 Rumah Warga

"Banyak OPD yang kita panggil kita berikan rekomendasikan. Misalnya dari BKPPD soal PTT, kita kedepan rekomendasikan agar jangan evaluasai dihabis tahun anggaran atau dua bulan sebelum harus ada evaluasi kinerja sehinga kepastian," jelasnya.

Dia menerangkan, evaluasi tersebut dimaksudkan agar para tenaga PTT bisa mendapat sebuah kepastian pekerjaan.

Klarifikasi-klarifikasi ini, kata Tellend, merupakan wujud dari peran DPRD sebagai mitra pemerintah untuk mengawasi kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat.

Dia menyebut, sejauh ini belum ada OPD yang saat dimintai klarifikasi ditemukan adanya kejanggalan dan mengharuskan dilakukan uji petik lapangan, namun dia mengaku tidak menutup kemungkinan uji petik lapangan dilakukan oleh DPRD.

Baca juga: OJK Sebut Pinjaman Daerah Pemkab Maksimal 25 Persen dari Modal Bank

Baca juga: BREAKING NEWS: Mobil Masuk Jurang di Ende, 4 Orang Dikabarkan Tewas & Belasan Penumpang Luka Parah

"Kita berikan rekomendasi, kalau memang ada kecurigaan ya kita verifikasi lapangan sesuai data, tapi kalau kita sudah percaya ya sudah," katanya.

Tujuan pansus melakukan evaluasai, pengawasan terhadap capaian kinerja dan pelaksanaan peraturan daerah APDB atau peraturan walikota Kupang. Pansus akan melakukan kajian dan selanjutnya memberikan catatan-catatan sebagai rekomendasi kepada Pemkot.

Rapat yang digelar tertutup ini, diakuinya telah mendapat persetujuan dari anggota DPRD yang lain dan juga telah diatur dalam tata tertib sehingga hal seperti ini merupakan biasa dilakukan oleh DPRD. Dan untuk informasi, akan diberikan oleh pimpinan dan sekretaris pansus.

Diketahui, pansus ini diketuai Tellendmark Daud, Wakil, Roni Lotu, dan Sekretaris Diana Bire.

Sementara anggota Pansus dari Fraksi PDIP, Barche Bastian, Dominika Bethan, Fraksi Gerindra, Richard Odja, dan Ayu Witari Tallo, Fraksi PKB, Theodora Ewalde Taek, Fraksi Golkar, Tellendmark Daud dan Jemari Yoseph Dogon, Fraksi PAN-Perindo, Jusuf Abjena dan Simon Dima, Fraksi Gabungan, Diana O Bire, Mokrianus Lay dan Nining Basalama, Fraksi Demokrat, Maudy Dengah dan Yeki Feoh. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved