Breaking News:

Pesan Khusus Menkop UKM ke Kopdit Obor Mas, Pelopori Koperasi Sektor Ril

Pesan Khusus Menkop UKM ke Kopdit Obor Mas, Pelopori Koperasi Sektor Ril

Penulis: Eugenius Moa | Editor: Kanis Jehola
POS- KUPANG.COM/egy moa
General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering (kiri) dan Bendahara KSP Kopdit Obor Mas, Nong Buyung Dekresano (kedua dari kiri) mengikuti pembahasan Komisi Organisasi dalam RAT ke-37 KSP Kopdit Obor Mas, Senin (31/5/2021) di Sea Word Club Maumere. 

Pesan Khusus Menkop UKM ke Kopdit Obor Mas, Pelopori Koperasi Sektor Ril

POS-KUPANG.COM | MAUMERE--- Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah ( Menkop UKM) RI, Teten Masduki, menitipkan pesan khusus kepada KSP Kopdit Obor Mas melakukan pemisahan usaha (spin off) sektor usaha produktif membentuk koperasi sektor riil.

"Pak Menkop (Teten Masduki) tidak sarankan spin off dalam bentuk PT (Perseroan Terbatas), karena resiko tergerus modal koperasi untuk PT. Kecil nilai tambah PT bagi anggota, karena orientasi koperasi dan PT berbeda," kata Deputi Perkoperasioan Kemenkop UKM, Ahmad Zabadi, S.H,M.M, pada pembukaan RAT k-37 Kopdit Obor Mas, Senin (31/5/2021) di Sea Word Club Maumere, Pulau Flores.

Ia mewanti-wanti bila PT tidak dikelola dengan memunculkan potensi negatif. Struktur kepengurusan PT, direksi dan komisaris akan mencari orang-orang dekat yang akhirnya memberikan keuntungan secara sosial dan ekonomi kepada mereka.

Baca juga: PLN Group Luncurkan ICONNET, Sajikan Internet Andal, Terjangkau, dan Tanpa Batas

Baca juga: Terkuak Alasan Menkop UKM RI Ngopi Sore di Kopdit Obor Mas

Sedangkan kalau mendirikan koperasi sektor riil, modal koperasi dihimpun dari para anggota. Koperasi induk jika hendak terlibat menjadi penyertaan modal. Bilamana koperasi sektor riil telah bergerak maju, induknya bisa menjadi `holding commpany'.

"Waserda, koperasi perikanan, koperasi unggas dan koperasi holtikultura bisa dibentuk. Di Kopdit Keling Kumang sudah berhasil membentuk empat koperasi dan Koperasi BMI di Tanggerang membentuk dua unit koperasi untuk pemisahan usaha," kata Zabadi.

Menkop UKM RI, kata Zabadi, berharap kepada Kopdit Obor Mas memelopori terbentuknya koperasi sektor riil.

Baca juga: Kajari TTU Kembalikan 6 Sertifikat Hak Milik Warga Desa Birunatun yang Ditahan Kades Selama 27 Tahun

Baca juga: Aston Kupang Raih Penghargaan Hotel Terbaik dari TripAdvisor

Tokoh nasional Kopdit, Romanus Woga, mendorong pengurus dan manajemen masuk dalam sektor usaha produktif.

Dia menitipkan lima rahasia sukses etnis Cina yang bisa dijadikan contoh oleh anggota Kopdit Obor Mas. Lima rahasia itu yakni menabung, dalam usaha untung sedikit tidak masalah, membelanjakan barang harga murah supaya ada yang sisa uang yang bisa ditabung, haram melakukan hutang dan uang digunakan untuk investasi.

"Saya titipkan ini (pesan) supaya disebarluaskan kepada semua anggota. Mudah-mudahan kita bisa ikuti dan berhasil," harap Romanus.

Ketua KSP Kopdit Obor Mas, Andres Mbete, mengakui Menkop UKM RI, Teten Masduki menitipkan usulan kepada kepada Kopdit Obor Mas membentuk `spin off' koperasi Waserda, koperasi unggas dan koperasi agro bisnis. (eugenius mo'a)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved