Breaking News:

Anggota KKB Papua Tinggal 150 Orang Tapi Sulit Ditaklukkan, Ternyata Ini Yang Dihadapi TNI-Polri

Sampai saat ini, kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua masih terus bergolak. Tercatat 9 kelompok dengan 150 anggota terus beraksi menantang TNI.

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
TNI-Polri mengamankan senapan dan sejumlah dokumen OPM saat mengerebek honai milik Numbuk Talenggen, seorang anggota teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua Lekagak Talenggen, Sabtu 15 Mei 2021 pukul 15.00 WIT. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Sampai saat ini, kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua masih terus bergolak. Tercatat 9 kelompok dengan 150 anggota terus beraksi menantang TNI-Polri. 

Hal ini diungkapkan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 20 Mei 2021.

Ia menyampaikan kelompok teroris KKB itu tak terpusat pada satu titik persembunyian. Lokasi persembunyian KKB Papua tersebar di sejumlah daerah di Papua.

"Mereka dibagi 7 sampai 9 kelompok yang terpencar di berbagai daerah. Dipetakan oleh aparat keamanan baik TNI maupun Polri bahwa mereka sudah dapat diidentifikasi kelompok-kelompoknya. Termasuk pimpinan-pimpinannya," jelasnya.

Selain itu, Ahmad menyampaikan pihaknya juga telah memetakan kekuatan persenjataan di masing-masing kelompok.

Ahmad juga tak menampik jika menghadapi sejumlah kendala. Kendala yang paling besar adalah medan persembunyian yang umumnya di gunung-gunung.

"Tempat persembunyian KKB itu di hutan-hutan dan di gunung-gunung. Medan tempat persembunyiannya luas," ujarnya.

"Tantangan dan kendala adalah medan daripada lokasi mereka bersembunyi adalah medan yang luas."

"Termasuk hutan yang lebat dan berbukit-bukit. ini merupakan tantangan bagi aparat TNI-Polri. Tapi posisi dari mereka TNI-Polri sudah bisa mulai memetakan dan terus melakukan pengejaran kelompok kriminal bersenjata tersebut," tukasnya.

KKB Papua Jadi Teroris Tapi Densus 88 Belum Turun

Densus 88 Antiteror Polri masih belum dilibatkan dalam pengejaran Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), meskipun pemerintah telah mengumumkan KKB sebagai teroris di Papua.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved