Ramadan 2021

Ribuan Umat Muslim Ikut Sholat Id di Mesjid Nurul Jihad Borong - Manggarai Timur

Ribuan Umat Muslim Ikut Sholat Id di Mesjid Nurul Jihad Borong - Manggarai Timur

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Umat muslim sedang mengikuti sholat Id di mesjid Nurul Jihad Borong. 

Ribuan Umat Muslim Ikut Sholat Id di Mesjid Nurul Jihad Borong

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | BORONG---Sekitar 1000 lebih umat Islam mengikuti sholat Id dalam perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah Tahun 2021 di mesjid Nurul Jihad, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Rabu (13/5/2021). 

Pantauan POS-KUPANG.COM, di Mesjid Nurul Jihad Borong, terlihat sholat Id itu dimulai sekitar pukul 06.30 Wita. Bertindak selaku imam, Hasnul Basri Amir dan khatib, Bahaji Ibrahim serta diikuti lebih dari sekitar 1.000 umat muslim.

Tanpak terlihat karena gedung mesjid tidak bisa menampung semua umat, panita kemudian membuka tenda (kema) pada halaman depan mesjid untuk ditempati umat muslimah mengikuti sholat tersebut. 

Tanpak para umat juga mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, dimana umat datang wajib mencuci tangan dan memakai masker. Bagi yang tidak memakai masker diberikan masker secara gratis dari panitia.

Selama proses sholat Id berlangsung juga dijaga oleh aparat keamanan yakni dari Polisi, TNI, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP.

Khatib, Bahaji Ibrahim, dalam kotbahnya mengatakan, semoga Allah membalas amal ibadah umat muslim di bulan suci Ramadhan tahun ini dengan pahala dan surganya Allah. Amin.

"kita bisa menuaikan sholat Id bersama keluarga tercinta di mesjid ini. Hari ini merupakan hari kemenangan bagi insan beriman yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh,"ungkap Bahaji.

Bahaji juga mengatakan, Perjuangan di bulan Ramadhan adalah sebuah perjuangan keimanan. Iman seorang umat muslim lebih diuji apakah lebih mengikuti ajaran setan atau lebih mengikuti perintah Allah untuk mendapatkan predikat orang-orang yang bertakwa.

"Jujur masih ada orang yang ada di sekitar kita yang mengaku diri Islam dengan gampang tidak berpuasa dan terkadang tidak malu dengan makan dan minum di tempat umum,"ungkap Bahaji.

Dikatakan Bahaji, janganlah kita menyombongkan diri sendiri, karena Allah telah melarang untuk berlaku sombong. Sebab berawal dari kesembongan dan tidak mau menaati perintah Allah inilah sehingga kaum-kaum terdahulu disiksa dengan segala macam bencana seperti gempa bumi, banjir bandang, gunung meletus, angin topan dan berbagai jenis penyakit sama halnya dengan yang kita alami saat ini virus Corona yang telah merenggut nyawa berjuta-juta umat manusia di muka bumi ini. 

Karena itu, Bahaji, meminta agar umat tanggalkanlah segala keangkuhan dan kesombongan yang ada dalam diri.

Takmir Mesjid Nurul Jihad, Nasrun Sukardan, juga mengatakan, kurang lebih 1.000 umat yang mengikuti sholat Id di Mesjid Nurul Jihad. Sementara pada malam takbiran tidak dilakukan pawai, namun dikumandangkan takbiran hanya di mesjid dengan menghadirkan umat sekitar 20 orang umat saja.

Dikatakan Nasrun, Umat yang mengikuti sholat itu tidak ada yang pendatang. Rata-rata umat yang mengikuti sholat itu datang dari wilayah di sekitaran mesjid dan ada yang datang dari wilayah Golo Karot, Peot, Kembur, Jatih, Wae Reca dan wilayah lainya di Kota Borong. Dalam pelaksanaan Sholat itu juga tetap mengikuti Protokol Kesehatan secara ketat guna mencegah tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Baca juga: Sholat Idul Fitri  Berlangsung Cuma 45 Menit, Ini Kesan Ketua MUI Malaka

Nasrun juga mengatakan, selama sholat berlangsung juga dijaga keamanan selain dari TNI dan Polri, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan juga dari OMK dan Pemuda GMIT. Karena itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah dengan caranya masing-masing memberikan dukungan sehingga sholat Id itu berjalan dengan aman dan lancar.

Terpisah, Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manggarai Timur, Muhammad Ali, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan, sesuai hasil rapat bersama dengan Polres Manggarai Timur, Tokoh Agama, Imam Mesjid dan Takmir Mesjid se-Kota Borong diputuskan bahwa Pelaksaan sholat Id dalam hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah dilaksanakan di mesjid masing-masing dan tidak dilakukan sholat Id di lapangan. Pelaksanaan sholat Id dilakukan untuk 5 mesjid di Kota Borong, 3 mesjid di Kecamatan Ranamese.

Dilakukan sholat Id di mesjid masing-masing, kata Ali, untuk mencegah penularan Covid-19. Begitu juga terkait malam takbiran, PHBI tidak melakukan pawai takbiran keliling namun dilaksanakan di dalam lingkungan Mesjid masing-masing dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

"Jadi di mesjid masing-masing kita kumandangkan takbiran itu untuk menyambut hari kemenangan bagi umat Islam. Tetapi tetap menerapkan protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19,"jelas Ali. (*)

Baca juga: Skuad Timnas Indonesia Diguyur THR Sebelum Tanding di Kualifikasi Piala Dunia 2022,Ini Kata Ketum

Baca juga: Info Sport : Kadek Agung dan Nadeo Terpilih, Spaso Tak Masuk 28 Skuad Shin Tae yong ke Dubai ?

Umat muslim sedang mengikuti sholat Id di mesjid Nurul Jihad Borong.
Umat muslim sedang mengikuti sholat Id di mesjid Nurul Jihad Borong. (POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved