Breaking News:

Ramadan 2021

Malam Takbiran, Masjid Darul Hijrah Maulafa Lakukan Persiapan Salat Id

Malam Takbiran, Masjid Darul Hijrah Maulafa Lakukan Persiapan Salat Id Di tengah situasi pandemi, malam takbiran Idulfitri 1442 Hijriah dianjurkan unt

Penulis: F Mariana Nuka | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM / INTAN NUKA
Panitia Masjid Darul Hijrah Maulafa merayakan malam takbiran dengan melakukan persiapan untuk salat id. Foto diambil pada Rabu (12/5/2021) malam. 

Malam Takbiran, Masjid Darul Hijrah Maulafa Lakukan Persiapan Salat Id

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Di tengah situasi pandemi, malam takbiran Idulfitri 1442 Hijriah dianjurkan untuk dilakukan di masjid atau rumah saja. Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 di Saat Pandemi Covid-19 juga menulis larangan pelaksanaan takbiran keliling pada malam Idulfitri.

Perayaan malam takbiran di Kota Kupang pun tak dilakukan dengan pawai atau berkeliling kota. Pantauan POS-KUPANG.COM di beberapa masjid, Rabu (12/5) malam, jemaah datang ke masjid untuk merayakan malam takbiran. Selanjutnya, panitia melakukan berbagai persiapan guna Salat Id esok hari.

Ketua Panitia Ramadan 2021 Masjid Darul Hijrah Maulafa, Usman Aidil Wandan menjelaskan, malam takbiran di Masjid Darul Hijrah Maulafa dilakukan oleh para anak-anak dan remaja. Kemudian, panitia melakukan persiapan tempat, penyampaian informasi salat id ke jemaah, dan persiapan para petugas. Salat id akan dilaksanakan pada Kamis (13/5) pukul 06.00 Wita.

"Persiapan sudah 95 persen. Tinggal lima persen lagi. Kita menunggu sebelum salat subuh dan setelah salat subuh semuanya sudah siap," katanya.

Baca juga: Di Kabupaten TTS, Pawai Takbiran Diganti dengan Pengumuman Keliling, Begini Suasanannya

Baca juga: Takbir Dikumandangkan dari Masjid Tanpa Pawai di Kota Kupang, Pengurus Minta Umat Taat Prokes

Melalui surat edaran yang ada, kapasitas jemaah yang hadir hanya 50 persen. Artinya, dari kapasitas 3.000 jemaah, hanya 1.500 jemaah yang bisa mengikuti salat. Nantinya akan ada pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan sebelum masuk ke masjid. Jemaah juga diminta untuk berwudu dari rumah dan membawa sajadah masing-masing.

"Dari 1.500 itu tidak semua di ruangan. Ada yang di samping teras, lalu di belakang. Tetap prokes: Jaga jarak dan pakai masker," tegasnya. (cr1)

Panitia Masjid Darul Hijrah Maulafa merayakan malam takbiran dengan melakukan persiapan untuk salat id. Foto diambil pada Rabu (12/5/2021) malam.
Panitia Masjid Darul Hijrah Maulafa merayakan malam takbiran dengan melakukan persiapan untuk salat id. Foto diambil pada Rabu (12/5/2021) malam. (POS-KUPANG.COM / INTAN NUKA)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved