Breaking News:

Perdana di Undana, Prodi Ekonomi FKIP Divisitasi dengan Sembilan Kriteria

Visitasi Prodi Pendidikan Undana merupakan sejarah satu-satunya prodi di Undana, khususnya FKIP yang divisitasi dengan sembilan kriteria

Editor: maria anitoda
undana
Visitasi Asesmen Lapangan Daring (ALD) di Aula Rektorat, Jumat (7/5/2021)(Undana) 

Perdana di Undana, Prodi Ekonomi FKIP Divisitasi dengan Sembilan Kriteria

POS-KUPANG.COM - Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), menjadi prodi pertama di Universitas Nusa Cendana (Undana) yang divisitasi dengan menggunakan sembilan kriteria dan elemen penilaian asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT). 

Sebelumnya, visitasi hanya menggunakan tujuh kriteria. “Visitasi Prodi Pendidikan FKIP Undana merupakan sejarah atau satu-satunya prodi di Undana, khususnya dari FKIP yang divisitasi dengan sembilan kriteria.

Baca juga: Sebelas Dokter Dilantik, Undana Inisiasi Buka Program Dokter Spesialis

Dan, kami adalah prodi yang sudah terlibat langsung dalam visitasi di hari pertama,” demikian penjelasan Kaprodi Pendidikan Ekonomi FKIP Undana, Yacob Abolladaka, S. Pd., MM di sela-sela visitasi Asesmen Lapangan Daring (ALD) di Aula Rektorat, Jumat (7/5/2021).

Dua asesor yang melakukan ALD Prodi Pendidikan Ekonomi, yakni Prof. Dr. Sucihatiningsih D. W. Prajanti, M. Si (Universitas Negeri Malang) dan Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd (Universitas Sebelas Maret).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc, Dekan FKIP Dr. Malkisedek Taneo, M.Si, Wakil Dekan (Wadek) I FKIP Dr. Moses Kopong Tokan, M.Si, Wadek II Dr Jacobis J. Messakh, M. Si dan para dosen prodi tersebut.

Abolladaka menyebut, sembilan kriteria tersebut, yakni: visi, misi, tujuan dan strategi; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat serta luaran dan capaian tridharma.

“Sementara tujuh kriteria sebelumnya, yaitu visi, misi, strategi; tata pamong; mahasiswa; sumber daya manusia; kurikulum; pembiayaan dan penelitian; pengabdian dan kerjasama. Tujuh kriteria itu yang disebut Laporan Evaluasi Diri dan Borang. Sementara, sembilan kriteria disebut Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Prodi (LKPS). Nah, LED dikerjakan oleh fakultas dan LKPS dikerjaan oleh prodi, inilah perbedaan 9 kriteria dan 7 kriteria,” jelasnya.

Baca juga: Wamen PUPR John Wempi Wetipo Tinjau Kerusakan Sarpras Akibat Badai Seroja di Undana

Pihaknya yakin, apa yang disampaikan sudah sesuai dengan template atau bukti lapangan.

“Kami bersyukur bahwa visitasi hari pertama ini sangat cair. Kami tidak tegang dan kuatir. Komunikasinya enak dan semua jawaban kami berikan sesuai dengan bukti fisik,” ungkap Abolladaka sembari mengatakan dirinya bersyukur bisa belajar dari sesuatu yang baru.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved