Breaking News:

Ramadan 2021

Waspadai Kesombongan dalam Beribadah 

umat Islam berlomba-lomba menjalankan Ibadah hanya semata-mata demi meraih pahala dari amal ibadah di sisi Allah SWT.

Editor: Rosalina Woso
Waspadai Kesombongan dalam Beribadah 
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik di Universitas Muhammadiyah Kupang.

Waspadai Kesombongan dalam Beribadah 

Oleh : Syarifuddin Darajat 
Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Dan Dosen Sosiologi Universitas Muhammadiyah Kupang

Dibulan ramadhan ini, umat Islam berlomba-lomba menjalankan Ibadah hanya semata-mata demi meraih pahala dari amal ibadah di sisi Allah SWT.

 Semangat beribadah ini dapat terlihat secara fisik melalui aktivitas dalam menjalankan ibadah Puasa, Sholat, Talil Qur.an, serta Infak zakat dan sadaqah, baik yang dilakukan secara berjamaah maupun sendiri-sendiri. 

Namun secara rohaniah, sikap Tawaddu sangat penting dan dianjurkan untuk dipegang teguh oleh orang beriman dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, guna menghindari Ego Sprititual yang dapat berdampak terhadap kesombongan dalam  Beribadah.

Allah SWT Berfirman Bahwa “ Dan segala Apa yang ada dilangiit dan di bumi hanya bersujut kepada Allah, yaitu semua  yang bergerak (bernyawa) dan Juga Para malaikat, dan   mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri (An.Nahl:49 ).

Beribadah dengan penuh kemuliaaan perlu dilakukan dengan ketulusan dan keikhlasan kepada Allah SWT. Beribadah akan penuh dengan ketulusan dan keikhlasan apabila dihatinya tidak terlintas Ego spiritual yang mengandung kesombongan diri yang kemudian merasa diri paling beriman dan paling soleh dari orang lain. 

Allah SWT Berfirman “ Adapun Hamba-hamba tuhan yang maha pengasih, mereka itu adalah orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan rendah hati, dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata hinaan) mereka membalas dengan mengucapkan salam (QS. Alfurqan:63). Dan Pada Ayat Qur’an Yang Lain Allah Tegaskan Bahwa:  "Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia

(karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh.

Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri." (QS. Lukman:18)
Ego Spiritual banyak membuat orang jatuh dalam kesombongan, karena dengan ego spiritual membuat seseorang dapat menganggap remeh orang lain dan menilai dirinya atau ibadahnya lebih baik dan lebih mulia dari orang ibadah orang lain lain, padahal yang bersangkutan belum tentu dapat memahami secara baik tentang Isi Kandungan Alqur’an dan Sunnah Rasul SAWsecara Kaffah.

Baca juga: Semarak Ramadan 2021, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Kupang Gelar Dapur Ta’jil ‘Aisyiyah

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved