Breaking News:

Manajemen Pembelajaran PAUD Ramah Anak Oleh LPMM Kupang Isyaratkan Tutor Wajib Memiliki Kreativitas

Dari sisi ini, pembelajaran PAUD mengharuskan tutor memiliki kreativitas dan inovasi saat proses belajar-mengajar

POS-KUPANG.COM/PAUL BURIN
Penandatangganan MoU antara Dinas Pendidikan dan LPMM Kupang, terkait penggunaan tools mentoring dan monitoring PAUD Ramah Anak di Kabupaten Kupang. 

Manajemen Pembelajaran PAUD Ramah Anak Oleh LPMM Kupang Mengisyaratkan Tutor Wajib Memiliki Kreativitas

POS-KUPANG.COM I KUPANG - Jika dilihat dari manajemen PAUD serta pembelajaran pada satuan lembaga PAUD masing-masing, penyelenggaraan PAUD di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih membutuhkan dukungan yang intens dari pemerintah dan masyarakat sebagaimana diamanatkan pada Undang-Undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Dari sisi ini, pembelajaran PAUD mengharuskan tutor memiliki kreativitas dan inovasi saat proses belajar-mengajar serta bagaimana melakukan monitoring dan mentoring kualitas PAUD sehingga dapat dilihat kualitas pembelajaran sekolah tersebut.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari konsorsium BarnFonden, YSKK, LPMM yang didukung oleh Uni Eropa dan SIDA melalui Forum Civ. Tujuan utama proyek ini adalah meningkatkan kualitas layanan PAUD. Maka perlu kerja kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat (LSM) untuk mencapai tujuan proyek tersebut.

Salah satu aktivitas Program PAUD Ramah Anak adalah monitoring PAUD dengan menggunakan tools kualitas lingkungan pembelajaran secara triwulan oleh LPMMKupang bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang.

Sejumlah pihak seperti Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Dorkas J.C.Hewe, S.E; Pengawas PAUD Kecamatan Taebenu,Welem Limahelu; Penilik PAUD Kecamatan Kupang Tengah,YuliusTallo; Penilik PAUD Kecamatan Amarasi,Abdon Pada; Penilik PAUD Kecamatan Amarasi, Mira Kaseh; Ketua IGTKI Kabupaten Kupang dan Yohana Lie, Kepala TK Pembina Saenetuan memberi suport yang luar biasa.

Dari monitoring yang dilakukan, dinas pendidikan merasa sangat terbantu dengan tools yang digunakan karena cukup lengkap dari segi indikator penilaian sehingga mempermudah para guru PAUD dalam meningkatkan kualitas layanan di PAUD masing-masing. Hal ini menjadi motivasi bagi dinas pendidikan untuk mereplikasi tools monitoring kualitas pembelajaran CSO_LA LPMM Kupang di semua PAUD di Kabupaten Kupang. Sebelumnya, dinas pendidikan belum memiliki tools serupa.

Beberapa tahapan yang telah dilakukan secara bersama oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang dan LPMM Kupang, di antaranya kegiatan Bedah Tools Kualitas Pembelajaran PAUD Ramah Anak yang telah terlaksana pada tanggal 14 Juli 2020 di ruangan kerja Kepala Bidang PLS dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu tim CSO_LA LPMM Kupang (Tim ECD dan SA) dan SA Specialist YSKK. Sedangkan peserta yang terlibat dari dinas pendidikan dan kebudayaan, yaitu Kabid PAUD, Kasi Kurikulum, penilik, Kepala Sekolah TK Pembina Sanetuan dan Ketua IGTKI Kabupaten Kupang.

Dari proses kegiatan ini, disepakati bahwa tools monitoring yang dimiliki oleh dinas pendidikan dan kebudayaan hanya digunakan untuk mengumpulkan data jumlah siswa di PAUD. Sedangkan tools monitoring kualitas pembelajaran PAUD yang dimiliki oleh Project CSO_ LA akan digunakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan dalam melakukan monitoring di semua PAUD di Kabupaten Kupang.

Beberapa input yang diberikan untuk memperkaya tools, di antaranya yaitu deskripsi dalam setiap indikator yang dipertajam dengan memberikan contoh-contoh yang sesuai dengan kondisi di tiap PAUD di Kabupaten Kupang.

Pemangku kepentingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang berkomitmen untuk menggunakan tools kualitas pembelajaran. Komitmen bersama ini akan dimuat dalam bentuk nota kesepahaman di mana draft-nya akan disiapkan oleh LPMM Kupang. (*/pol)

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved