Breaking News:

Di Kabupaten Sumba Timur, Belalang Serang Tanaman di Lewa Tidahu dan Lewa, Begini Kondisinya

Di Kabupaten Sumba Timur, Belalang Serang Tanaman di Lewa Tidahu dan Lewa, Begini Kondisi 

PK/IST
Tim Brigade Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) 

Di Kabupaten Sumba Timur, Belalang Serang Tanaman di Lewa Tidahu dan Lewa 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU -- Serangan belalang kembara saat ini berada di wilayah barat Sumba Timur, yakni di Kecamatan Lewa Tidahu dan Kecamatan Lewa. Petugas pengendalian hama dari Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur sedang melakukan penyemprotan pestisida.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku, S.P, M.Si, Selasa (4/5/2021).

Menurut Oktavianus, saat ini serangan belalang di Sumba Timur berada di wilayah bagian barat, yakni di Kecamatan Lewa Tidahu dan Kecamatan Lewa.

"Serangan belalang di wilayah barat ini cukup banyak sehingga saat ini kita fokus kendalikan di sana. Kondisi terakhir, petugas kami sementara kendalikan dengan cara penyemprotan pestisida," kata Oktavianus.

Dijelaskan, selain di wilayah barat Sumba Timur, ada beberapa titik serangan di Kecamatan Haharu, Kahaunga Eti dan Kecamatan Umalulu.  Untuk pengendalian, lanjutnya, Dinas Pertanian dan Pangan telah membentuk Tim Brigade Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang dikoordinir oleh Jusuf Uli.

Tim Brigade Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)
Tim Brigade Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) (PK/IST)

"Memang kita fokus tangani di wilayah barat Sumba Timur dengan maksud agar mengantisipasi terjadi migrasi belalang dari Kabupaten Sumba Tengah," katanya.

Dikatakan, petugas di lapangan untuk pengendalian terpaksa harus dibagi secara shift. 
Sedangkan tanaman yang terancam serangan belalang adalah padi dan sebagian jagung.

"Khusus di Kecamatan Lewa saat ini, tanaman padi sedang memasuki masa panen, takut terjadi serangan padi saat fase generatif kemudian gagal panen," katanya.

Baca juga: Waduh Repot: Hindari Larangan Mudik, 9000 Santri Terpaksa Pulang Kampung Lebih Awal, Berita Viral

Baca juga: Daftar Tabel Terbaru untuk Pensiunan PNS, TNI, Polri Dapat THR, Rincian Uang dan Besarannya, Info

Oktavianus mengatakan, untuk mengatasi kondisi serangan pada tanaman yang sudah pada fase generatif,maka sebelum belalang masuk ke areal persawahan perlu dicegah. Karena itu, belalang yang ada di padang atau hutan langsung disemprot pestisida.

"Pencegahan itu kita upayakan, mengapa, karena pengendalian secara kimiawi dengan pestisida yang kita gunakan adalah jenis  Confidor. Jenis pestisida ini residunya tinggi, apalagi sudah mau panen sehingga kita juga waspada," ujarnya. 8)

ANAK BELALANG -Inilah anak belalang yang akan memasuki fase belalang dewasa yang mengembara berkelompok.
ANAK BELALANG -Inilah anak belalang yang akan memasuki fase belalang dewasa yang mengembara berkelompok. (alfons nedabang)
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved