Breaking News:

Gubernur NTT: Kadis ESDM Tindaklanjuti Pemenuhan Kebutuhan Air& Listrik di Kawasan Kepulauan Komodo

PLN untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan listrik bagi masyarakat yang mendiami kawasan kepulauan tersebut.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/DOK.HUMAS NTT
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat meninjau Desa Pasir Putih di Pulau Messah, Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat NTT, Sabtu, 1 Mei 2021. 

Gubernur Viktor : Kadis ESDM Tindaklanjuti Pemenuhan Kebutuhan Air dan Listrik di Kawasan Kepulauan Komodo

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menginstruksikan kepada jajaran agar dapat menindaklanjuti secara teknis pemenuhan kebutuhan air bersih dan listrik di kawasan kepulauan Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Kepada Kepala Dinas ESDM NTT, Jusuf Adie, Viktor Laiskodat meminta agar segera berkoordinasi dengan pihak Akuoenergy Indonesia dan PLN untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan listrik bagi masyarakat yang mendiami kawasan kepulauan tersebut.

Menurut Viktor Laiskodat, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat merupakan tanggung jawab dan kewajiban pemimpin. Karena itu, ia berjanji akan membereskan persoalan tersebut.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Barat, Viktor Laiskodat bersama rombongan mengunjungi Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo di Pulau Messah pada Sabtu, 1 Mei 2021. Sebelumnya, rombongan juga mengunjungi Desa Papagarang di Kecamatan Komodo.

Viktor Laiskodat dalam kesempatan itu didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng dan Tim Akuoenergy Indonesia.

"Beberapa waktu lalu, saya mengunjungi daratan di wilayah NTT, sekarang kita bereskan kebutuhan dasar masyarakat di kepulauan, setelah dari Desa Papagarang, sekarang di Pulau Messah, Desa Pasir Putih Kecamatan Komodo," kata Viktor Laiskodat sebagaimana rilis Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT yang diterima POS-KUPANG.COM.

Menurut Viktor Laiskodat, teknologi Reverse Osmosis untuk desalinasi bertenaga surya  yang dilakukan oleh Akuoenergy Indonesia dapat diterapkan juga di wilayah tersebut. 

Bupati Kupang, Korinus Masneno saat menjemput Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di area Jembatan Termanu, Kamis (29/4).
Bupati Kupang, Korinus Masneno saat menjemput Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di area Jembatan Termanu, Kamis (29/4). (istimewa)

"Kalau mau provinsi ini maju pesat, gerak dan kerja kita harus cepat. Teknologi Reverse Osmosis di Desa Papagarang tadi, dapat kita terapkan disini (Pulau Messah), di Pulau Longos juga dapat kita terapkan hal yang sama," ungkap Gubernur kelahiran Oenesu Kabupaten Kupang itu.

Karena itu, Viktor Laiskodat langsung menginstruksikan Kepala Dinas Energi dan SDM Provinsi NTT, Jusuf Adoe untuk segera lakukan diskusi teknis dengan Tim Akuoenergy Indonesia dalam percepatan konsolidasi pemenuhan kebutuhan air layak konsumsi dengan pendekatan teknologi dan masalah kelistrikan yang di hadapi masyarakat Desa Papagarang dan Pulau Messah.

Baca juga: Gubernur NTT, Ketua DPRD NTT dan Bupati Kupang Panen Padi di Amfoang 

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved