Breaking News:

Ramadan 2021

15 Amalan Dzikir di Bulan Ramadan dan Keutamaannya

salah satu bentuk dzikir yang utama adalah membaca Al-Quran. Nah, di bawah ini beberapa amalan dzikir

Editor: Rosalina Woso
15 Amalan Dzikir di Bulan Ramadan dan Keutamaannya
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Ketua Lembaga JQH (Jam’iyyah Quro’ Wal Huffadz PWNU NTT), Mochammad Irfanuddin Alluqman

15 Amalan Dzikir di Bulan Ramadan dan Keutamaannya

Oleh : Mochammad Irfanuddin Alluqman
(Ketua Lembaga JQH (Jam’iyyah Quro’ Wal Huffadz PWNU NTT)

Di bulan ramadhan kita disarankan untuk memperbanyak amalan ibadah, salah satunya dengan berdzikir. Dzikir merupakan salah satu cara untuk mengingat Allah SWT. Dengan berdizikir, kita tidak hanya dijanjikan pahala tapi dzikir juga bisa mempermudah masalah kehidupan. Allah Subhanahu wa Ta‘ala menjelaskan manfaat dzikir di bulan ramadhan dalam surat Az-Zumar ayat 10 yang artinya:

“Jika satu zikir di bulan lain bernilai satu kebaikan, maka di bulan Ramadan ia akan berlipat ganda pahalanya.” (QS. Az-Zumar:10)

Amalan Dzikir di Bulan Ramadan

Walaupun merupakan amalan sunnah, namun dzikir ini harus diutamakan. Bahkan Allah subhanahu wa ta’ala juga telah memerintahkan kepada manusia untuk memperbanyak berdzikir kepada-Nya. Sebagaimana dituliskan dalam surat Al-Ahzaab yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyak nya.” (QS. Al-Ahzaab: 41)

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat di Bulan Ramadan 2021: Menyambut Lailatul Qadar di Masa Pandemi

Untuk dzikir di bulan ramadhan, sebenarnya tidak ada ketentuan khusus. Hanya saja, bila kita membaca dzikir di bulan ramadhan maka pahalanya akan dlipatgandakan. Dan salah satu bentuk dzikir yang utama adalah membaca Al-Quran. Nah, di bawah ini beberapa amalan dzikir yang bisa dipraktekkan di bulan ramadhan:

1. Dzikir Saat melihat hilal

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat hilal beliau membaca: “Allahumma ahillahu ‘alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved