Breaking News:

Kapal Perang AS Buntututi Kapal Induk China Lioning dalam Juarak Dekat , Bikin Ancaman Perang di LCS

Kapal perang China memperingatkan kapal perang AS yang mengintai kelompok tugas kapal induk Liaoning saat kapal induk China itu mengadakan latihan di

via kontan.co.id
Kapal induk Liaoning milik Angkatan Laut China. 

POS KUPANG.COM -- Pihak China pernah percaya diri menyebut militernya bakal menang perang dengan Amerika Serikat bila negara itu membantu Taiwan bila pecah perang

Hal itu tidak membuat Amerika Serikat gentar. Bahkan, China yang ketar ketir ketika kapal perang dari US Navy membuntuti kapal induk China Lioning di Laut China Selatan

China dan Amerika Serikat menghadapi risiko konflik yang kian nyata di Laut China Selatan.

Kapal perang China memperingatkan kapal perang AS yang mengintai kelompok tugas kapal induk Liaoning saat kapal induk China itu mengadakan latihan di dekat pulau Taiwan dan di Laut China Selatan atau LCS baru-baru ini.

Menurut para ahli China pada hari Kamis (29/4/2021), tindakan provokatif oleh AS dapat mengakibatkan kesalahan penilaian dan insiden kecelakaan.

Baca juga: Pesawat Pengintai dan Kapal Perang AS Sering Beroperasi di Wilayah China, Ancaman Perang Makin Nyata

Baca juga: Diperintahkan Xi Jinping, China Kirim Kapal Canggih ke Laut China Selatan Langsung Lakukan Ini, Apa?

Baca juga: Kejadian Tak Biasa, China Tiba-tiba Kirim 3 Kapal Canggih Sekaligus ke Laut China Selatan, Ada Apa?

Baca juga: Perang Korea Jilid II Di Depan Mata, Pembelot Utara di Korea Selatan Terbangkan Selebaran anti-Kim

Kapal perusak berpeluru kendali USS Mustin berlayar melalui Laut Filipina pada November 2012. |
Kapal perusak berpeluru kendali USS Mustin berlayar melalui Laut Filipina pada November 2012. | (Petty Officer 3rd Class Declan Barnes)

Melansir Global Times, ketika kelompok Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) mengadakan latihan normal, kapal perusak USS Mustin berulang kali melakukan pengintaian jarak dekat terhadap kelompok kapal Tiongkok , yang sangat mengganggu kegiatan pelatihan kapal Tiongkok.

Menurut Kolonel Senior Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China, pada konferensi pers reguler pada hari Kamis, hal ini secara serius mengancam navigasi dan keselamatan kapal dari kedua sisi.

Kapal perang China memperingatkan kapal AS itu agar segera pergi. Wu bilang, Kementerian Pertahanan China telah mengajukan pernyataan tegas kepada AS.

Pernyataan Wu muncul setelah seorang pelaut Angkatan Laut AS mengunggah beberapa foto Liaoning saat sedang melakukan latihan lepas landas dan pendaratan jet tempur J-15 di Laut China Selatan pada pertengahan April lalu.

Song Zhongping, seorang ahli urusan militer China dan komentator TV, mengatakan kepada Global Times, provokasi jarak dekat seperti yang dilakukan kapal perang AS dapat mengakibatkan kesalahan penilaian dan kecelakaan.

China Panik Saat Tahu Kapal Induk Lioning Dibuntuti Kapal Perang AS di Laut China Selatan,  Lansgung Kabur?
China Panik Saat Tahu Kapal Induk Lioning Dibuntuti Kapal Perang AS di Laut China Selatan, Lansgung Kabur? (Navu Mill Photo)
Halaman
12
Editor: Alfred Dama
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved