Nadiem Jadi Mendikbud Ristek Hari Ini Jokowi Reshuffle 2 Menteri

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) hari ini akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet terbatas

Editor: Kanis Jehola
Tribunnews.com
Presiden Jokowi 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA -Presiden Joko Widodo ( Jokowi) hari ini akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet terbatas. Dua menteri dijadwalkan akan dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

"Iya (reshuffle kabinet). Dua menteri," kata sumber Tribunnews.com di lingkaran Istana Kepresidenan, Selasa (27/4).

Sumber itu mengatakan reshuffle kabinet kali ini dilakukan menyusul perubahan nomenklatur kementerian. Jokowi akan melantik Menteri Investasi serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbud Ristek).

Sumber itu juga menyebut bahwa Menteri Investasi hampir pasti akan diisi oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Kemudian Nadiem Makarim tetap memimpin kementerian di bidang pendidikan yang kini digabung dengan ristek. "Investasi Bahlil. Dikbud tambah nomenklatur saja," ujarnya.

Baca juga: BI NTT-Pos Kupang Ngobrol Asyik: Cinta, Bangga dan Paham Rupiah

Baca juga: Makin Panas, Pihak Hotma Sitompul Tuduh Desiree Bawa Kabur Uang Rp 10 M, Nama Hotman Paris Terseret

Adapun untuk posisi Kepala BRIN belum diketahui siapa yang akan mengisi. Sejumlah sumber menyebut ada nama Rektor IPB University Arif Satria dan Kepala LIPI Laksana Tri Handoko.

Sebelumnya juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman mengaku belum mengetahui pos mana saja yang bakal diumumkan dalam reshuffle kali ini. Namun, hingga saat ini, yang sudah pasti adalah perubahan nomenklatur kementerian.

"Yang kita tahu hanya ada persetujuan (pertimbangan) dari DPR pengubahan kementerian berupa penggabungan Kemenristek/BRIN dan Kemendikbud/Dikti menjadi kementerian baru berdasarkan Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian," ujar Fadjroel pada Selasa (27/4).

Fajdroel mengatakan, kepastian soal reshuffle ini hanya diketahui oleh Presiden Jokowi.

Baca juga: Ayu Ting Ting: Aroma Pandan

Baca juga: Mutiara Ramadan: 30 Keutamaan Sholat Tarawih di Bulan Ramadan (Bagian 2)

"Dalam bahasa rakyat, hanya Presiden Joko Widodo dan Tuhan YME yang tahu, kapan, siapa yang akan menduduki jabatan menteri, setidaknya di dua kementerian baru tersebut," kata Fadjroel. "Atau dalam bahasa legal, reshuffle adalah hak prerogatif Presiden," jelasnya.

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet menyeruak usai perubahan nomenklatur kementerian, Jumat (9/4). Saat itu usulan Jokowi membentuk Kementerian Investasi mendapat lampu hijau dari DPR. Jokowi juga mengusulkan peleburan Kemendikbud dan Kemenristek. Dengan begitu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan berdiri sebagai lembaga negara di bawah presiden.

Mensesneg Pratikno pekan lalu meminta pada semua pihak untuk terus menunggu kapan reshuffle itu diputuskan Jokowi.

"Ditunggu aja," kata Pratikno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/4). (tribun network/fik/yud/dod)

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved