Breaking News:

Maskapai Dukung Penggunaan GeNose C19 di Bandara El Tari Kupang

GeNose C19 telah diterapkan di Bandara El Tari Kupang mulai hari ini, Rabu (28/4/2021)

POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Station Manager Citilink Kupang, Jusup J Wenur 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - GeNose C19 telah diterapkan di Bandara El Tari Kupang mulai hari ini, Rabu (28/4/2021). Beberapa maskapai yang beroperasi di NTT pun mendukung penggunaan GeNose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan melalui transportasi udara.

Station Manager Citilink Kupang, Jusup J Wenur mengatakan bahwa GeNose C19 di Bandara El Tari cukup membantu penumpang yang akan melakukan perjalanan.

"Dari sisi biaya cukup meringankan dibanding rapid antigen/PCR," katanya kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (28/4) sore. Dia menambahkan, jika hasil tes penumpang positif, maka penumpang akan mendapatkan dispensasi reschedule tanpa biaya.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Cabang Kupang, I Made Agus Mertha Yasa menyambut baik penggunaan GeNose C19 di Bandara El Tari Kupang. Menurutnya, harga yang ditawarkan pun jauh lebih terjangkau. Jika nantinya hasil GeNose C19 positif, maka selanjutnya penumpang akan diarahkan untuk melakukan rapid antigen.

Baca juga: Batas Validasi Diperpanjang Hingga 30 April 2021 Mendatang, Gubernur NTT Beri Peringatan Terkahir

Baca juga: Ayu Ting Ting dan Nagita Slavina Bak Musuh Bebuyutan, Sang Biduan Dituduh Niat Rebut Raffi Ahmad

"Kami akan membantu re-schedule atau refund yang kami berikan dalam bentuk voucher," ujarnya. Voucher itu akan digunakan jika calon penumpang telah sembuh dan mau melakukan perjalanan lagi menggunakan Garuda Indonesia.

Dalam peluncuran pelaksanaan GeNose C19 di Bandara El Tari Kupang, Rabu pagi, General Manager Angkasa Pura I Bandara El Tari Iwan Novi menjelaskan bahwa masyarakat dapat memilih mau menggunakan jenis tes yang sesuai dengan keinginan calon penumpang sendiri. GeNose C19 merupakan salah satu jenis tes deteksi virus corona yang dilakukan dengan mengembuskan napas ke kantong udara. Masa berlakunya sebelum keberangkatan, dengan lama hasil hanya dua sampai tiga menit. Pemeriksaan GeNose C19 dikenai biaya Rp50 ribu per sekali pengambilan sampel.

Baca juga: Sambut Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati, Ratusan PNS Selempangkan Kain Sumba

Baca juga: Promo Alfamart Hari Ini 28 April 2021, Khong Guan 1600 g Turun Harga Rp 73.800, Monde Rp 52.900

Kasubbag Administrasi Umum KKP Kupang, Carlos menyampaikan bahwa KKP akan tetap melakukan validasi atas hasil pemeriksaan. Validasi dilakukan di pintu keberangkatan sebelum calon penumpang menuju ke konter cek in. Validasi yang dilakukan sama seperti validasi pada hasil tes rapid antigen atau PCR.

"Pada intinya, GeNose C19 mempermudah pelaku perjalanan karena sudah ada pilihan baru dengan hasil yang cepat dan lebih murah. Kalau dari sisi KKP, tugas kami sama seperti yang lama, yakni validasi," ujar Carlos.

Jika ditemukan ada calon penumpang yang positif Covid-19 berdasarkan hasil tes, maka pihak KKP akan menghubungi Satgas. Apabila calon penumpang menunjukka gejala, maka langsung dirujuk ke pelayanan kesehatan. Tapi, jika tak ada gejala, maka pihaknya menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Berita Kota Kupang

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved