Breaking News:

Nikodemus Rihi Heke Tidak Banyak Bicara Soal Hasil Putusan MK

Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan hasil penetapan bupati-wakil bupati terpilih, Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly

ISTIMEWA
Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke 

POS-KUPANG.COM | BETUN---Calon bupati Sabu Raijua yang juga petahana pada Pilkada 9 Desember 2020 lalu tidak banyak bicara terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan hasil penetapan bupati-wakil bupati terpilih, Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly oleh KPU Sabu Raijua.

Bagi Rihi Heke, pihaknya saat ini mengikuti proses lanjutan yang dilaksanakan KPU Sabu Raijua menuju pilkada yang demokratis, jujur dan adil.

Nikodemus Rhi Heke menyampaikan hal ini ketika dimintai tanggapan terkait putusan MK dan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU), Jumat (17/4/2021).

Rihi Heke mengatakan, saat ini Putusan MK sudah ada dan pihaknya siap ikuti. Mereka siap jalani apa yang dilaksanakan KPU setempat.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad Gelar Patroli Pantau Harga BBM

Baca juga: Gempa Bumi 4.6 SR Terjadi di Kodi ,Sumba Barat Daya

"Kita siap jalani apa yang dilaksanakan KPU Sarai menuju pemilu yang HARUS demokratis, jujur dan adil," ujar Rihi Heke singkat.

Dirinya berharap warga Sabu Raijua tetap tenang dan sabar mengikuti proses lanjutan oleh penyelenggara sampai pada hari pelaksanaan PSU nanti.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) telah membatalkan keputusan penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Sabu Raijua dalam pilkada 9 Desember 2020 lalu yang dimenangkan, Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly.

Terhadap putusan MK ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabu Raijua menyatakan kesiapan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) sesuai putusan MK dalam tenggang waktu persiapan selama 60 hari kedepan.

Baca juga: Ahli Geolog Undana Kupang Minta Warga di Bantaran Kali Liliba Agar Terus Waspada

Baca juga: Bakohumas Pemprov NTT Gandeng Bappelitbangda dan BPS Sosialisasi Si Mandataris

Juru bicara KPU Sabu Raijua, Daud Pau, S.Pd menyampaikan ini ketika dihubungi Pos-Kupang, Kamis (15/4) malam.

Dikatakan Daud Pau, proses persidangan di MK terkait keputusan penetapan pasangan bupati-wakil bupati Sabu Raijua terpilih bahwa mendiskualifikasi pasangan Orient-Thobias Uly. Terhadap putusan ini maka langkah yang dilakukan KPU setempat adalah siap laksanakan PSU sesuai putusan MK.

Seperti diberitakan, kemenangan Orient Patriot Riwu Kore dalam Pemilihan Bupati Sabu Raijua, NTT, dianulir oleh Mahkamah Konstitusi (MK)

"Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Menyatakan batal keputusan KPU Kabupaten Sabu Raijua. Menyatakan diskualifikasi Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly," ujar Ketua MK Anwar Usman yang dibacakan di gedung MK dilihat Tribunnews via lewat kanal YouTube MK, Kamis 15 April 2021.

Dengan demikian, Thobias Uly sebagai wakil Orient juga ikut gugur.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong)

Berita Kabupaten Sabu Raijua

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved