Breaking News:

Ramadan 2021

Kegiatan Bazar Ramadan di Manggarai Tahun 2021 Ditiadakan

Pelaksanaan Bulan Ramadhan bagi Umat Muslim di Kabupaten Manggarai Tahun 2021 tetap mengikuti aturan pemerintah pusat

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Ketua MUI Manggarai, Haji Amir Faisal Kelilauw 

POS-KUPANG.COM | RUTENG----Pelaksanaan Bulan Ramadhan bagi Umat Muslim di Kabupaten Manggarai Tahun 2021 tetap mengikuti aturan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama RI dimana tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Ketua MUI Manggarai, Haji Amir Faisal Kelilauw menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (11/4/2021)

Haji Amir mengatakan, situasi puasa Ramadhan tahun 2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, begitu juga dengan Tahun 2020 kemarin dimana Puasa Ramadhan di tengah situasi pandemi Covid-19. Karena itu MUI Kabupaten Manggarai tetap mengikuti aturan sesuai dengan panduan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian Agama dari ibadah puasa, sahur, buka puasa, penyelenggaraan kegiatan ibadah di masjid, peringatan Nuzulul Quran, hingga pelaksanaan Shalat Idul Fitri.

Karena itu kata Haji Amar, pihaknya sedang melakukan rapat bersama panitia untuk menentukan tata cara pelaksanaan selama dalam bulan Puasa Ramadhan sesuai dengan panduan tersebut sehingga tidak ada penyebaran Covid-19 yang makin meluas.

Baca juga: BPJS Kesehatan Hanya Verifikasi Klaim Pelayanan Covid-19, Pembayaran ke Kementerian Kesehatan

Baca juga: Dinas P dan K Ende Himpun Dana BOS Miliarran Rupiah, Kepala SD Takut Bersuara

"hari ini ada rapat panitia di Mesjid Baiturrahman Ruteng untuk menentukan peraturan pada saat puasa, sholat tarawih dan kegiatan-kegiatan lain selama masa puasa untuk tetap mengikuti protokol Kesehatan Covid-19,"ungkap Haji Amir.

"Kebiasaan Bazar di mesjid kali ini ditiadakan. Kemudian sholat tarawih juga akan diatur sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,"tambah Haji Amir.

Haji Amir juga mengatakan, sehingga pihaknya mengarahkan kepada umat islam untuk mengikuti aturan selama Bulan Puasa Ramadhan dan juga tetap mengikuti Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Karena itu diharapkan juga agar pelaksanaan buka puasa tetap dilakukan di rumah masing-masing sehingga tidak terjadi kelebihan kapasitas/kerumunan yang berpotensi penyebaran Covid-19.

Baca juga: KSP TLM Beri Bantuan Warga Korban Bencana dengan Bahan Bangunan dan Beras

Baca juga: Aksi Brigif 21 Komodo Distribusikan Bantuan Bagi Korban Bencana Seroja di Kabupaten Kupang

"Sehingga harus ikut aturan, tidak boleh tidak ikut aturan karena ini demi kepentingan kita bersama untuk keselamatan kita semua,"tegas Haji Amir.

Haji Amir juga mengatakan, pihaknya juga memohon dukungan dan kerja sama yang baik dari umat Non Muslim melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Manggarai agar selama dalam pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dapat berjalan dengan aman.

"dalam kehidupan kerukunan umat beragama, kami berharap dukungan moril kepada kami umat muslim dari saudara kami non muslim selama pelaksanaan ibadah puasa yang berlangsung selama satu bulan itu. Sehingga kita tetap merawat dan memelihara terus persatuan dan kesatuan untuk menebarkan kedamaian, apalagi kemarin kejadian ada teroris itu juga kita harus selalu waspada,"ungkap Haji Amir. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Berita Kabupaten Manggarai

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved