Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Sabtu 3 April 2021: Ia Tidak Ada Lagi di Sini, Ia Sudah Bangkit

Allah menjadi manusia melalui Putra-Nya, Yesus Kristus dan berpuncak pada sengsara, wafat dan kebangkitan.

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Sabtu 3 April 2021: Ia Tidak Ada Lagi di Sini, Ia Sudah Bangkit (Mat 28:1-10)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Allah itu baik bukan karena kebaikan kita. Allah itu baik karena Ia adalah baik adanya.

Sejarah keselamatan umat manusia merupakan inisiatif dari Allah sendiri yang diawali dengan kisah penciptaan sampai pada Inkarnasi, Allah menjadi manusia melalui Putra-Nya, Yesus Kristus dan berpuncak pada sengsara, wafat dan kebangkitan.

Hari ini kita merayakan puncak iman Kristiani yakni Paska. Umat Kristiani merayakan perayaan cinta kasih Allah yang sungguh luar biasa melalui korban Kristus di atas kayu salib yang diakhiri dengan pernyataan kemuliaan Allah melalui kebangkitan-Nya. "Ia tidak ada lagi di sini, Ia telah bangkit!"

Kebangkitan Kristus merupakan sukacita besar dan harapan akan kehidupan kekal bahwa sesudah kematian, ada kehidupan baru yang mempertemukan manusia dan Allah. "Jika tidak ada kebangkitan maka sia-sialah iman kepercayaan kita."

Batu yang terguling merupakan simbol dari penebusan beban dosa manusia yang telah dihapuskan oleh Allah melalui Yesus Kristus. Batu adalah simbol hati manusia yang keras sehingga membuatnya jatuh dalam dosa.

Tetapi karena kasih dan kebaikan Allah membuka fajar dan harapan baru yakni kebangkitan kekal. Allah sungguh mengasihi manusia tiada henti dan Ia setia mengasihi manusia sepanjang hidupnya.

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Jumat 2 April 2021: Salib Suci Anugerah Yang Menghidupkan

Allah sungguh baik bagi kita dan dengan apakah kita membalas kasih dan kebaikan Allah dalam hidup kita?

Kiranya kebangkitan Yesus dari alam maut menggulingkan batu hati kita, agar kita yang percaya tetap setia mencintai Kristus dan menjadi pelayan Tuhan yang setia. Kita harus bangkit dari kelemahan kita agar kita layak menjadi pengikut-Nya dan supaya ikut bangkit bersama Kristus.

Baca juga: Misa Jumat Agung di Kota Kupang Terapkan Prokes dan Penjagaan Yang Ketat

Semoga pada kesempatan ini, kita semakin menaruh iman harap dan kasih kita kepada Allah secara lebih sungguh agar kita juga jadi berkat dan sukacita bagi orang lain. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Ikuti artikel-artikel renungan harian katolik DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved