Breaking News:

Hasil TCM 17 Sampel di Kabupaten Sumba Timur Positif  Covid-19

Dari 18 sampel itu, 17 sampel adalah kasus positif baru dan satunya kasus lama.

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
ASN lingkup Pemkab Sumba Timur mengikuti rapid tes antigen, Senin 29 Maret 2021. 

Hasil TCM 17 Sampel  di Kabupaten Sumba Timur Positif  Covid-19

POS-KUPANG.COM|WAINGAPU -- Hasil pemeriksaan sampel swab secara Tes Cepat Molekuler (TCM) di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, ditemukan ada 17 sampel terkonfirmasi positif. Sedangkan rapid test antigen terdapat sembilan sampel yang positif.

Sesuai data dari Posko Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur yang diperoleh Selasa (30/3/2021), menyebutkan, pada Senin 29 Maret 2021 dilakukan pemeriksaan TCM terhadap 19 sampel dan hasilnya ada 18 sampel positif dan satu sampel negatif. Dari 18 sampel itu, 17 sampel adalah kasus positif baru dan satunya kasus lama.

Sedangkan hasil pemeriksaan Rapid Antigen terhadap 317 sampel ditemukan ada sembilan sampel yang positif dan 308 sampel yang negatif. 

Penambahan kasus positif berdasarkan hasil TCM sebanyak 17 kasus itu berasal dari Kecamatan Kota Waingapu 7 kasus, Kecamatan Kambera 8  kasus, Kecamatan Pandawai satu  kasus dan Kecamatan Lewa satu  kasus.

Baca juga: 23 Pasien Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur Sembuh

Baca juga: Jembatan Terbawa Banjir, Dinas PUPR Kabupaten Sumba Timur Turunkan Tim ke Lokasi

Selain itu pada Senin (29Maret 2021 terdapat empat kasus yang sembuh masing-masing berasal dari Kecamatan Kota Waingapu satu kasus dan Kecamatan Umalulu ada tiga kasus.

Total kasus positif Covid-19 di Sumba Timur saat ini  sebanyak 691 kasus dengan rincian, 19 kasus meninggal dunia, 521 kasus dinyatakan sembuh dan 151 kasus dalam perawatan.

282 ASN Rapid Tes Antigen

Sementara itu 282 ASN lingkup Pemkab Sumba Timur yang mengikuti rapid tes antigen. Upaya ini dilakukan guna mendeteksi secara dini kasus Covid-19 guna mencegah penyebarannya.

Baca juga: Di Kabupaten Sumba Timur, NTT, 125 Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri, Ini Penjelasannya

Baca juga: Sudah 542 Warga Kabupaten Sumba Timur Positif Covid-19

Sekda Sumba Timur,  Domu Warandoy, S.H, M.Si menyampaikan hal itu , Selasa 30 Maret 2021

Menurut Domu, Pemkab Sumba Timur mendapat bantuan Rapid antigen dari keluarga Algadri sebanyak 325, sehingga rapid itu difokuskan bagi para ASN.

Dikatakan, rapid tes itu diikuti oleh beberapa perangkat daerah yang ada di sekitar kantor Bupati setempat, yakni Setda, BKAD, Satpol PP, Kesbangpol, BKPSDM, Bappenda, Transnaker dan Sekwan.

"Kenapa beberapa OPD ini yang dahulu, karena kami pada setiap Senin Minggu kedua dan keempat selalu kumpul bersama untuk apel di halaman Kantor Bupati, sehingga Bapak Bupati minta agar semua ASN yang ikut apel harus sehat atau tidak tertular Covid-19," kata Domu.

Dikatakan, dari bebenrapa ASN yang positif rapid antigen tersebut, langsung diminta untuk melakukan isolasi mandiri. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved