Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat : Pariwisata NTT Terbaik Di Dunia

atraksi budaya yang sangat indah dan eksotis akan membawa kembali para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmatinya p

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat berbicara kepada wartawan usai acara panen perdana Sorgum varian Bioguma 3 di Helipad Rumah Jabatan Gubernur NTT, Senin 29 Maret 2021. 

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat : Pariwisata NTT Terbaik Di Dunia

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur menurut Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat merupakan salah satu yang terbaik di dunia saat ini. 

Karena itu, ia yakin, pesona alam dan atraksi budaya yang sangat indah dan eksotis akan membawa kembali para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmatinya pasca pandemi Corona. 

Kepada wartawan, Gubernur Viktor Laiskodat menyampaikan keyakinannya bahwa pesona NTT akan dengan sendirinya menarik kembali para wisatawan yang kini terhalang situasi pandemi. 

"Of course dia (wisatawan) akan datang dengan sendirinya. Karena kita punya alam dan atraksi budaya sangat indah, sangat eksotis," ujar Viktor Laiskodat menjawab wartawan, Senin 29 Maret 2021. 

Baca juga: Disertasi Doktoral Gubernur Laiskodat Jadi Referensi Percepatan Pembangunan Pariwisata NTT

Selain itu, Viktor juga berharap melalui ajang Malam Puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-5 yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat pada 9 April 2021 nanti, memberi ruang dan momentum mengembalikan (kejayaan) pariwisata NTT. 

"Saya harapkan itu (API) juga memberikan ruang dan momentum untuk kembalikan pariwisata di NTT yang menurut saya salah satu yang terbaik di dunia," kata dia. 

Provinsi NTT sendiri berpeluang kembali menyabet juara umum dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-5 tahun 2020. Dalam Anugerah Pesona Indonesia ke-5, NTT berhasil menempatkan 8 nominasi dari 18 kategori yang dilombakan. 

Nominasi tersebut terdiri dari Destinasi Baru Terpopuler yakni Pulau Semau Kabupaten Kupang, Dataran tinggi Terpopuler yakni Fulan Fehan Kabupaten Belu, Wisata Air Terpopuler yakni Island Hopping Pulau Meko Kabupaten Flores Timur dan Destinasi Belanja Terpopuler yakni Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kota Kupang. 

Baca juga: Launching Kepariwisataan NTT Menuju Kelas Dunia Secara Virtual: Kualitas Pariwisata NTT Lengkap 

Selanjutnya nominasi Kampung Adat Terpopuler yakni Kampung Adat Namata Kabupaten Sabu Raijua, Makanan Tradisional Terpopuler yakni Se'i Provinsi NTT, Situs Sejarah Terpopuler yakni Liang Bua Ruteng Kabupaten Manggarai dan Surga Tersembunyi Terpopuler yakni Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao. 

CEO API, Muhammad Sayafa'at menjelaskan 8 produk wisata NTT masuk dalam 3 besar di 8 kategori yang dilombakan. Menurutnya, hal itu berpeluang besar untuk menyabet juara umum. 

"Dari 18 kategori, Provinsi NTT masuk 8 kategori. Itu memberikan kesempatan besar NTT menjadi juara umum," ujar Syafa'at dalam jumpa pers Malam Anugerah API 2020 yang berlangsung di Aula El Tari Kompleks Kantor Gubernur NTT pada Rabu 17 Maret 2021.

Baca juga: Wagub Nae Soi : Pengembangan Pariwisata NTT Butuh Digitalisasi

Ia menjelaskan, selain NTT, dua daerah lain yang juga menyumbang nominasi terbanyak adalah Sumatera Selatan dan Nangroe Aceh Darussalam dengan 8 nominasi juga. Pengumuman nominasi itu telah dilakukan pada akhir Desember 2020.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTT Abed Frans, mengatakan NTT mendapatkan hasil lebih positif dalam keikutsertaan pada ajang API 2020 ini. Dengan 8 nominasi baik untuk destinasi maupun produk wisata maka itu akan mendorong geliat pariwisata NTT lebih baik.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved