Breaking News:

Berita Sumba Barat Hari Ini

KPU Resmi Tetapkan Yohanes Dade-John Lado Bora Kabba Sebagai Bupati dan Wabup Sumba Barat Terpilih

Komisi pemilihan umum  Kabupaten Sumba Barat dalam  rapat pleno terbuka yang berlangsung di aula SMU Kristen Waikabubak, Sumba Bar

pk/petrus piter
Foto bersama anggota KPU NTT,Jefri Galla, S.H, Ketua KPU Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br.Bangun.bersama  4 anggota KPU Sumba Barat lainnya  dengan bupati dan wakil bupati Sumba Barat terpilih Yohanes Dade, S.H- John Lado Bora Kabba sesaar setelah penetapan oleh KPU Sumba Barat, Rabu (24/3/2021)  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---- Komisi pemilihan umum  Kabupaten Sumba Barat dalam  rapat pleno terbuka yang berlangsung di aula SMU Kristen Waikabubak, Sumba Barat, Rabu (24/3/2021) menetapkan
Yohanes Dade,S.H-John Lado Bora sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Sumba Barat periode 2021-2026.

Rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br.Bangun didampingi empat komisioner KPU Sumba Barat lainnya berlangsung dalam suasana aman dan damai.

Hadir dalam rapat tersebut adalah pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih periode 201-2026, Yohanes Dade, S.H-John Bora Lado Kabba, anggota KPU NTT, Jefri A.Galla, S.H, Kapolres Sumba Barat, AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K,M.H, perwakilan partai politik pengusung atau gabungan partai politik pengusung, Bawaslu Sumba Barat dan pimpinan DPRD Sumba Barat serta dalam penjagaan ketat aparat kepolisian.

Rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih baru digelar pasca putusan Mahkamah Konstitusi republik indonesia yang menolak gugatan pasangan calon bupati dan wakil bupati, Drs. Agustinus Niga Dapawole – Gregorius H.B.L. Pandango, S.E (paket Niga-Oris) dalam sidang Mahkamah Konstitusi RI, Senin (22/3/2021).

Ketua KPUD Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br. Bangun dalam pernyataanya pada rapat itu menyatakan  tahapan pilkada Sumba Barat yang telah kita lewati merupakan sejarah demokrasi di Kabupaten Sumba Barat. Dan hari ini, Rabu (24/3/2021) KPU Sumba Barat menggelar rapat pleno  menetapkan Yohanes Dade, S.H-John Lado  Bora Kabba sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2021-2026 dengan surat keputusan KPU Kabupaten Sumba Barat Nomor. 12/PL.02.7-BA/5312/KPU.Kab/III/2021 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pilkada Sumba Barat tahun 2020.

Berkas keputusan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Sumba Barat tahun 2021-2026 langsung diserahkan kepada pimpinan DPRD Sumba Barat yang juga adalah Ketua Komisi C DPRD Sumba Barat, Lukas Lebu Gallu, S.H, partai politik atau gabungan partai politik dan Bawaslu Sumba Barat.

Dan anggota KPU Propinsi NTT, Jefri Galla, S.H didaulat menyerahkan salinan putusan  kepada bupati dan wakil bupati terpilih, Yohanes Dade, S.H-John Lado Bora Kabba.

Mengakhiri pernyataan penutupan rapat pleno penetapan  bupati dan wakil bupati terpilih pada pilkada Sumba Barat tahun 2020 menyampaikan terima kasih banyak kepada seluruh rakyat Sumba Barat yang tetap menjaga suasana daerah ini senantiasa tertib, aman dan damai selama berproses di mahkamah kontitusi hingga penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada hari ini, Rabu (24/3/2021).

Ia menambahkan pelaksanaan rapat Pleno KPU  kali ini  merupakan bagian akhir dalam tahapan kontestasi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah tahun 2020, oleh karena itu,  Ketua KPU Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br. Bangun  mengajak seluruh masyarakat Sumba Barat mengakhiri perbedaan dan mari bekerjasama  mewujudkan Sumba Barat yang maju dan sejahtera.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada kepada  Bawaslu Sumba Barat, TNI dan Polri, para pasangan calon calon bupati dan wakil bupati peserta pilkada Sumba Barat tahun 2020 serta seluruh rakyat Sumba Barat. (Pet)

Baca juga: Ketua DPD La Nyalla Mattalitti Disebut Serius Calon Presiden RI 

Foto bersama anggota KPU NTT,Jefri Galla, S.H, Ketua KPU Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br.Bangun.bersama  4 anggota KPU Sumba Barat lainnya  dengan bupati dan wakil bupati Sumba Barat terpilih Yohanes Dade, S.H- John Lado Bora Kabba sesaar setelah penetapan oleh KPU Sumba Barat, Rabu (24/3/2021) 
Foto bersama anggota KPU NTT,Jefri Galla, S.H, Ketua KPU Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br.Bangun.bersama  4 anggota KPU Sumba Barat lainnya  dengan bupati dan wakil bupati Sumba Barat terpilih Yohanes Dade, S.H- John Lado Bora Kabba sesaar setelah penetapan oleh KPU Sumba Barat, Rabu (24/3/2021)  (pk/petrus piter)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved