Penanganan Covid

5 Manfaat Jahe Selama Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Supaya daya tahan tubuh terus terjaga, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi jahe. 

Editor: Rosalina Woso
ilustrasi/grid.id
Rebusan air jahe 

Begini 5 Manfaat Jahe Selama Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

POS-KUPANG.COM-- Di tengah pandemi, masih banyak orang yang mesti bekerja di kantor (work from office) karena tuntutan pekerjaan. Hal ini membuat para pejuang work from office harus lebih ekstra menerapkan protokol kesehatan dikarenakan risiko terpapar virus lebih besar.

Untuk itu, selain lebih tekun menerapkan protokol kesehatan, mereka yang bekerja di luar rumah juga harus ekstra menjaga daya tahan tubuh, di antaranya dengan rajin berolahraga, makan makanan bergizi seimbang, hingga minum suplemen untuk meningkatkan imunitas.

Ada pula yang menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi bahan alami, salah satunya jahe. Jahe dipercaya masyarakat luas sebagai tanaman herbal yang berkhasiat menjaga kesehatan. Inilah mengapa jahe kerap dijadikan bahan dasar berbagai makanan dan minuman, mulai dari air rebusan jahe, wedang jahe, susu jahe, hingga dijadikan bahan campuran jamu. 

Bagi Anda yang bekerja di luar rumah, mengonsumsi jahe memberikan beragam manfaat sehat. Berikut 5 manfaat jahe bagi para pejuang work from office.

Meningkatkan kebugaran tubuh

Bukan rahasia lagi kalau pekerja kantoran sering mengalami rasa nyeri dan pegal pada bagian tubuhnya. Jahe memiliki manfaat untuk meredakan rasa nyeri dan pegal otot dan nyeri sendi. Mengutip situs Healthline, penelitian pada tahun 2010 menunjukan bahwa jahe efektif untuk mengobati nyeri otot, termasuk nyeri otot sehabis olahraga.

Selain itu, The Spine Institute mengatakan bahwa mengonsumsi 2 gram hingga 4 gram jahe per hari dapat meredakan nyeri punggung. Semua khasiat ini tentu sangat menguntungkan bagi para pekerja kantoran yang sering mengeluhkan nyeri otot.

Mengurangi rasa pusing dan mual

Segudang pekerjaan, pertemuan, dan memandang layar laptop seharian tak jarang membuat pusing kepala. Melansir Migraine Again, penelitian yang dilakukan pada 2014 membuktikan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh air jahe hangat dapat meredakan pusing akibat migrain. 

Tak hanya itu, beberapa penelitian menyebutkan, mengkonsumsi jahe 1,1–1,5 gram jahe secara signifikan mampu mengurangi gejala mual yang biasanya disertai pusing.

Menangkal radikal bebas

Bekerja di luar rumah mengharuskan Anda melakukan perjalanan berangkat dan pulang dari kantor—tak jarang Anda harus naik kendaraan umum dan berkutat dengan kemacetan jalan raya. Hal ini membuat Anda lebih banyak terpapar radikal bebas.

Melansir WebMD, jahe diperkaya dengan gingerol yang dapat bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan sangat bermanfaat untuk mencegah stres dan melindungi kerusakan sel tubuh.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved