Breaking News:

Info Kesehatan

Beberapa Hal Yang Wajib Dilakukan Suami Saat Istri Depresi Menjelang Melahirkan

Kasus perempuan yang mengalami depresi pasca melahirkan, kata dia, memang hanya mencapai 10 hingga 13 persen.

Shutterstock
Ilustrasi 

Beberapa Hal Yang Wajib Dilakukan Suami Saat Istri Depresi Menjelang Melahirkan

POS-KUPANG.COM--Banyak masalah yang kerap dialami kaum perempuan pasca melahirkan, satu diantaranya yang dianggap paling mengkhawatirkan adalah depresi.

Saat perempuan yang baru saja melahirkan ini mengalami gangguan depresi, tentunya sebagai seorang istri, ia memerlukan dukungan suami terhadap kondisi kesehatan psikologisnya.

Lalu apa yang bisa dilakukan suami, saat mengetahui istrinya mengalami depresi pasca melahirkan dan menjalani peran baru sebagai ibu?

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Klinik Health360 Indonesia dr. Daniella Satyasari, Sp.KJ, mengatakan bahwa ada dua hal penting yang harus dilakukan suami dalam membantu sang istri untuk mendapatkan penanganan terhadap depresinya.

Yang pertama adalah suami harus menyadari bahwa istrinya sedang mengalami gangguan depresi.

"Awareness dulu ya yang pertama, (sadari dulu) 'istri saya ini mengalami gangguan yang sudah lebih berat dari pada sekadar perubahan sedikit dari moodnya," ujar dr Daniella, dalam webinar bertajuk 'International Women's Day 2021: Pentingkah Melakukan Perawatan Terpadu Pasca Melahirkan?', Selasa (9/3/2021).

Setelah menyadari bahwa sang istri mengalami depresi, hal kedua yang bisa dilakukan adalah membawa istrinya ke Psikiater untuk mengetahui mengenai apa yang dirasakan hingga langkah apa yang harus dilakukan.

Karena gangguan depresi yang dialami perempuan pasca melahirkan, sangat berbahaya bagi dirinya sendiri dan bayinya.

"Yang bisa dilakukan adalah bantuan profesional ya, dibawa ke Psikiater terdekat. Karena yang namanya sudah mengalami gangguan depresi, ini berbahaya sekali ya," jelas dr Daniella.

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved