Berita NTT Terkini

Bupati dan Wakil Bupati TTU, Disambut dengan Tarian Rianggong dan Takanab

Saat tiba bupati dan wakil bupati TTU, Drs. Juandi David dan Drs. Eusabius Binsasi bersama istri disambut dengan tarian rianggong dan takanab

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM / Dionisius Rebon
Pose penjemputan Bupati dan Wakil Bupati TTU, Sabtu, 27/02/2021. 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Saat tiba bupati dan wakil bupati TTU, Drs. Juandi David dan Drs. Eusabius Binsasi bersama istri disambut dengan tarian rianggong dan takanab di rumah pribadi Bupati TTU. Keluarga Bupati TTU nampak antusias menyaksikan proses penyambutan tersebut.

Tarian Rianggong merupakan tradisi khas di Kabupaten TTU yang diperuntukkan bagi penyambutan seorang pemimpin baru. Tarian ini mengisahkan tentang penyambutan seorang pemimpin baru. 

 
 Pasca digelar tarian Rianggong, dilanjutkan dengan Natoni, ucapan adat yang dikhususkan bagi penerimaan pemimpin yanh dijunjung sangat tinggi.

Kajari TTU Pastikan Pemberantasan Korupsi di TTU tidak Pandang Bulu

Momen penyambutan berakhir dengan takanab, ritual penyambutan Bupati dan Wakil Bupati TTU agar diberkati oleh leluhur Biinmafo.

Disaksikan POS-KUPANG.COM, Sabtu, 27/02/2021, Dandim 1618/TTU, Kapolres TTY dan Sat Pol PP tampak hadir mengamankan proses penjemputan Bupati dan Wakil Bupati.

Anggota DPRD Kota Kupang Lakukan Reses II, Warga Keluhkan Infrastruktur dan Lampu Jalan

Warga dihimbau untuk menjaga jarak, mncuci tangan dan memakai masker. Bupati dan Wakil Bupati TTU tampak melayangkan senyum sumringah melihat proses penjemputan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati TTU Juandi David mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Acara penyambutan yang digelar secara sederhana ini, berlangsung sukses.

Rianggong adalah tarian adat dan merupakan  tradisi yang telah dilaksanakan sejak tahun 1892 hingga 1894 yang mana mengisahkan tentang Raja Liurai Sonbai yang memimpin pasukan mengusir penjajah yang hendak menduduki pulau timor. Merespon hal ini, masyarakat merayakan  dengan menggelar tarian tersebut.

Pasca menggelar kegiatan penyambutan sedehana tersebut, Bupati dan Wakil Bupati TTU bergegas ke rumah pribadi Wakil Bupati TTU  untuk menyampaikan hormat dan ucapan terima kasih kepada keluarga. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved