Breaking News:

NEWS ANALISIS Yohanes Jimmy Nami Dosen Fisipol Undana: Domain Partai Pengusung

NEWS ANALISIS Yohanes Jimmy Nami Dosen Fisipol Undana: Domain Partai Pengusung

NEWS ANALISIS Yohanes Jimmy Nami Dosen Fisipol Undana: Domain Partai Pengusung
ISTIMEWA
Yohanes Jimmy Nami

NEWS ANALISIS Yohanes Jimmy Nami Dosen Fisipol Undana: Domain Partai Pengusung

POS-KUPANG.COM - Jabatan wakil bupati memang cukup strategis dalam konteks pemerintahan daerah, karena secara regulasi memang wakil bupati mempunyai peran penting dalam mendukung kerja bupati menjalankan pemerintahan daerah.

Jabatan wakil bupati Ende yang cukup lama lowong memang memberikan aksentuasi tersendiri terhadap jalannya pemerintahan daerah di Kabupaten Ende. Banyak hal yang menjadi tanggung jawab wakil bupati kemudian menjadi absen dan semuanya diambil alih oleh bupati.

Banjir Terjang Dua RT di Desa Oebelo Kupang

Proses jalannya pembangunan di Kabupaten Ende menjadi cukup kompleks ketika semua tanggung jawab dilimpahkan kepada bupati.

Secara politis memang partai pengusung mempunyai domain yang besar dalam menentukan siapa yang menduduki jabatan Wakil Bupati Ende, namun demikian tidak serta merta menghilangkan sama sekali peran partai pendukung lainya.

Derby Milan Terpanas

Jadi harus ada konsolidasi antar partai pengusung utama dengan partai pendukung lainnya sehingga tidak terjadi bargaining politik yang tajam dari masing-masing faksi.
Bergabung yang tajam bisa kemudian melahirkan gap politik yang menimbulkan persoalan berlarut dan kursi Wabup Ende makin lama kosong karena belum ada usulan yang fix dari parpol-parpol tersebut.

Proses formal di DPRD cukup menjadi tatalaksana normatif saja, yang paling penting adalah siapa Wakil Bupati Ende yang kemudian dipilih merupakan hasil konsolidasi dari parpol yang ada di DPRD Kabupaten Ende dan itu merupakan representasi kehendak masyarakat Kabupaten Ende. (hh)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved