Breaking News:

Kapal Milik BumDes di Sumba Timur Ludes Terbakar 

Kapal Motol/ KM Jaya Samudera  73  milik Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) di Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur ludes terbakar

POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
KM. Jaya Samudera 73 hangus terbakar di sekitar Pelabuhan Ferry Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (19/2/2021 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU --  Kapal Motol/ KM Jaya Samudera  73  milik Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) di Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur ludes terbakar. Kapal ini merupakan kapal bantuan dari pemerintah pusat.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Jumat (19/2/2021), sekitar pukul 17.20 wita, kapal ini sudah terbakar. Hampir semua bagian atas galangan kapal sudah hangus. Api masih tetap menyala dengan gumpalan-gumpalan asap. Kapal ini dilabuhkan di sekitar dermaga penyeberangan milik ASDP di Kanatang.
 

Di lokasi kebakaran sudah banyak warga yang datang menyaksikan dari dekat. Nampak semua bagian atas kapal habis terbakar barulah mobil pemadam milik Pemkab Sumba Timur tiba. Kapal ini dikelola oleh BumDes di Kecamatan Kanatang, yakni BumDes Bersama Kanatang Jaya.

15 Pejabat tak Pernah di-BAP, Pengangkatan Jadi Staf Khusus Gubernur NTT Dinilai Mal Administrasi

Nampak di lokasi kejadian sudah ada Kasat Pol PP Sumba Timur, Gollu Wola, Kabag Ops Polres Sumba Timur, AKP. Leonardus Leu, Kasat Intelkam, IPDA. Supardjo, TNI AL, pihak KSOP.

Kasat Pol PP Sumba Timur, Gollu Wola, S.Pd yang diwawancarai mengakui tidak tahu pihaknya yang mengelola kapal itu.

Ketua BumDes Bersama Kanatang Jaya, Leni mengatakan, kapal itu adalah kapal  bantuan dari Kementerian Desa tahun 2016 -2017.

Pangi Sebut Gibran Anak Jokowi Punya 3 Kelebihan yang Tak Dimiliki Kepala Daerah Lain, Apa?

"Kapal ini adalah bantuan pemerintah pusat untuk desa di Kanatang, yakni Desa Kuta, Hamba Praing Mondu dan Desa Ndapayami," kata Leni.

Menurut Leni, kapal itu pernah satu kali beroperasi pada tahun 2018, namun biaya operasionalnya tinggi.
Karena itu, lanjutnya, dilabuhkan di sekitar dermaga Ferry Kanatang.

"Kapal ini sudah berlabuh lama di sini dan tadi waktu kejadian saya berada  di rumah. Ada laporan warga bahwa terbakar dan kami sampai sudah terbakar," katanya.

Ditanyai apakah ada yang menjaga atau mengawasi kapal itu, Leni mengatakan, mereka yang selalu mengawasi dan datang untuk melihat setiap minggu.

Sebelumnya, pada Minggu (14/2/2021),  POS - KUPANG.COM sempat mengabadikan kapal ini. Kapal ini bernama KM. Jaya Samudera 73. Konstruksi badan kapal dari fiber berwarna hijau. Sedangkan bagian atas kapal berwarna putih.

Pada bagian depan tertulis GT 20. No. 519/Be. Kapal ini merupakan bantuan dari Direktorat Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Perdesaan. Di samping kapal ini ada sebuah perahu /sampan nelayan.

Saat itu, bagian depan kapal sudah rusak akibat terbentur pada tembok dermaga. (Laporan Reporter POS -KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved