Breaking News:

Pemprov NTT Setujui 6 Ranperda Inisiatif Dewan,Termasuk Perlindungan & Pengolahan Lingkungan Hidup

Perda pemajuan kebudayaan di daerah, Perda pengembangan budaya literasi dan Perda perlindungan anak. 

POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Penyerahan Ranperda Inisiatif DPRD NTT di Ruang Sidang Utama DPRD NTT, Senin (15/2). 

Pemerintah Provinsi NTT Setujui 6 Ranperda Inisiatif Dewan, Termasuk Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup 2021-2025

POS-KUPANG.COM | KUPANG --  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) menyetujui enam rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang merupakan inisiatif dari dewan. 

Persetujuan itu disampaikan Wagub NTT Josef Adrianus Nae Soi dalam sidang paripurna DPRD NTT yang digelar di ruang sidang utama DPRD NTT pada Senin (15/2).

"Pemerintah Provinsi NTT menyambut baik persetujuan bersama terhadap keenam Ranperda menjadi Peraturan Daerah setelah melewati mekanisme pembahasan, tukar menukar pikiran antara Pemerintah dan DPRD serta konsultasi dan fasilitasi yang dilakukan secara virtual dengan Direktorat Produk Hukum Daerah pada Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri," ujar Wagub Nae Soi. 

Berbagai dinamika dan apresiasi yang berkembang selama persidangan, baik pada rapat Fraksi, Komisi maupun Bapemperda, kata Wagub Nae Soi, merupakan wujud komitmen bersama antara perusahaan dan dewan agar apa yang dihasilkan bersama benar benar bermanfaat bagi rakyat NTT ke arah yang lebih baik dan lebih maju. 

"Karena itu pemerintah secara tulus menyampaikan terima kasih," tegasnya. 

Ia mengatakan, pemerintah, demikian pula dengan dewan, tentunya yakin bahwa peraturan daerah yang dihasilkan tersebut menjadi pedoman yang kian menguatkan komitmen dan kerja keras dalam membangun NTT. 

Keenam Ranperda Prakarsa (inisiatif) DPRD NTT yang disetujui menjadi Perda tersebut terdiri dari Perda Rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tahun 2021 -2051,  Perda perlindungan dan pelestarian sumber air, Perda penyelenggaraan pelayanan dan pengelolaan ruang laut sampai paling jauh 12 mil, Perda pemajuan kebudayaan di daerah, Perda pengembangan budaya literasi dan Perda perlindungan anak. 

Dalam sidang paripurna tersebut, dilakukan penandatanganan keputusan bersama DPRD dan Pemerintah Provinsi NTT terkait penetapan 6 Ranperda menjadi Perda. 

Terhadap hal tersebut, Wakil Ketua DPRD NTT, Inche DP Sayuna menyampaikan bahwa dewan akan mulai melakukan sosialisasi sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Perda tersebut mulai berlaku dan pemerintah mencatatnya dalam lembaran daerah.

Ia berharap, sosialisasi dapat dilaksanakan dengan baik agar masyarakat NTT mengetahui dan memahami 6 Perda yang baru ditetapkan bersama tersebut demi kebaikan dan kemajuan bersama masyarakat NTT. 

Presiden Jokowi Singgung Pasal Karet Saat Ingatkan Kapolri Soal Kebebasan Berpendapat: Maksudnya?

"Ranperda sudah ada penandatanganan bersama pemerintah, tinggal Pemerintah menetapkan dan memberi nomor. Dewan akan mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka tahu bahwa di NTT sudah ada 6 Perda baru yang mengatur 6 hal sehingga masyarakat bisa paham," jelas politisi Golkar itu. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved