Breaking News:

Gempa Bumi Tektonik M 4.7 Terjadi di Kabupaten Rote Ndao Provinsi NTT

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Penulis: Ray Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Margiono, Kepala Stasiun Geofisika Kupang 

Gempa Bumi Tektonik M 4.7 Terjadi di Rote Ndao Provinsi NTT, Simak Info

POS-KUPANG.COM | KUPANG-- Gempa bumi kembali terjadi di Wilayah Provinsi NTT, khususnya di Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (13/2) pukul 22:19:13.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, S.Si berdasarkan rilisnya menyampaikan, Sabtu tanggal 13 Februari 2021 pukul 22:19:13 Wib di wilayah Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao dan sekitarnya diguncang gempa tektonik. 

Disampaikan Margiono, hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo  M=4.7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10.37 LS dan 123.50 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 Km Timur Laut Kabupaten Rote Ndao, NTT pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempa bumi memurut Margiono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Margiono menuturkan bahwa, dampak dari Gempa bumi ini mengguncang atau dirasakan di wilayah Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao I - II MMI, (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang). 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Margiono mengungkapkan bahwa, hingga Sabtu 13 Februari 2021 pukul 23.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).  

Ia mengimbau Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta masyarakat juga dapat menghindari diri dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Ia mengharapakan, agar masyarakat memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal masyarakat cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum masyarakat kembali atau beraktivitas di dalam rumah.

Unit Resmob Polda NTT kembali Amankan 4 Sepeda Motor Curian

Enam Sepeda Motor Curian dan Residivis Curanmor Dibekuk Polisi

Tujuh Kecamatan Penyumbang Kasus Covid-19  Terbanyak di Kabupaten Sumba Timur

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved