Breaking News:

KPP Pratama Kupang Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan Bagi Pegawai Undana

KPP Pratama Kupang Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan Bagi Pegawai Undana

POS-KUPANG.COM/KPP Pratama Kupang
KPP Pratama Kupang Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan Bagi Pegawai Undana 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Petugas KPP Pratama Kupang menyelenggarakan Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing kepada pegawai di lingkungan Undana secara daring, Kamis (4/2/2021).

Kegiatan bertujuan untuk memberikan edukasi terkait kewajiban pelaporan SPT Tahunan dan tata cara melaporkan SPT Tahunan secara online melalui e-Filing.

Pemateri dalam sosialisasi tersebut, Account Representative, I Made Pramana Putra menjelaskan, e-Filing adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada www.djponline.pajak.go.id.

Kepala BMKG Sambangi Danrem 161/Wira Sakti, Ini Tujuannya

Untuk dapat mengaksesnya, wajib pajak harus menyiapkan NPWP, EFIN dan Akun djponline.

Dalam sosialisasi daring itu, Pram memberikan penjelasan tentang cara pengisian e-Filing SPT 1770 S dan cara mengunggah file csv bagi yang sudah menggunakan aplikasi e-SPT.

Satgas BUMN NTT Donor Plasma Konvalesen

Simulasi pengisian SPT Tahunan melalui e-Filing juga dilakukan supaya peserta lebih mudah dalam memahami penjelasan serta menyampaikan pertanyaan ataupun permasalahan yang ditemui ketika menggunakan e-Filing.

"Selain mudah, cepat dan aman, lapor SPT dengan e-Filing juga bisa diakses dari rumah sehingga tidak perlu antre lagi di KPP, apalagi di masa pandemi ini. Selain itu, e-Filing juga lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan kertas," jelas Pram seperti tertulis dalam rilis KPP Pratama Kupang yang diterima POS-KUPANG.COM.

Pada kesempatan itu, Pram mengingatkan peserta untuk menyiapkan bukti pemotongan pajak, daftar penghasilan, daftar harta dan utang, daftar tanggungan keluarga, dan dokumen terkait lainnya sebelum melakukan pengisian SPT.

Batas waktu penyampaian SPT Tahunan adalah 31 Maret 2021 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April untuk Wajib Pajak Badan.

Sosialisasi daring ini adalah strategi KPP Pratama Kupang untuk tetap dapat memberikan edukasi terkait pelaporan SPT Tahunan kepada Wajib Pajak di masa pandemi.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian sosialisasi secara daring SPT Tahunan kepada 23 satuan kerja (Satker) di wilayah kerja KPP Pratama Kupang. Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan penunjukan 50 Duta e-Filing yang berasal dari 23 Satker.

Berbagai fasilitas dan layanan online telah disediakan KPP Pratama Kupang untuk dimanfaatkan agar lebih mudah dalam melakukan pemenuhan kewajiban perpajakan. KPP Pratama Kupang telah menyediakan layanan live chat menggunakan aplikasi whatsapp untuk konsultasi terkait pelaporan SPT Tahunan maupun untuk pemenuhan kewajiban perpajakan lainnya. Secara lengkap layanan online yang disediakan KPP Pratama Kupang dapat diakses pada laman instabio.cc/pajakkupang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved