Breaking News:

DPRD Konsultasi 6 Ranperda Baru Prakarsa DPRD NTT Ke Kemendagri 

Bapemperda DPRD NTT telah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri pada Selasa 9 Februari 2021 kemarin.

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Emanuel Kolfidus 

DPRD Konsultasi 6 Ranperda Baru Prakarsa DPRD NTT Ke Kemendagri 

POS-KUPANG.COM | KUPANG --  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (DPRD NTT) mengusulkan 6 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) baru. Ranperda Prakarsa DPRD NTT kini sedang bergulir di dewan.

Ketua Bapemperda DPRD NTT, Emanuel Kolfidus menjelaskan 6 Ranperda Prakarsa DPRD diajukan masing masing, 2 Ranperda dari Komisi II, 1 Ranperda dari Komisi IV dan 3 Ranperda dari Komisi V. 

Setelah dilakukan pembahasan bersama pemerintah provinsi pada Senin 1 Februari 2021 lalu, Bapemperda DPRD NTT telah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri pada Selasa 9 Februari 2021 kemarin.

Emanuel Kolfidus menjelaskan, pembahasan bersama pemerintah dimaksud untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi agar produk hukum yang dihasilkan itu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 

"Kita sudah bahas bersama pemerintah lagi. Ada proses sinkronisasi dan harmonisasi supaya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tata cara produk hukum daerah yakni UU nomor 12/2011," kata Emanuel Kolfidus kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (10/2).

Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan, guideline turunan Undang Undang mengatur bagaimana membentuk Perda yang baik yang harus memenuhi aspek filosofis dan yuridis serta memuat sistematika yang sesuai.

Pihaknya, jelas Emanuel Kolfidus, telah melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri Produk Hukum Daerah secara virtual dan akan dilaporkan pada Sidang Paripurna DPRD hari ini. 

Senin itu, sidang paripurna lengkap untuk mendengar pendapat akhir gubernur sekaligus proses pengambilan keputusan terhadap 6 Ranperda itu akan dilaksanakan pada Senin (15/2) pekan depan. 

Ini Penjelasan Kapolres Sumba Timur Terkait Berita Penjualan Pulau di Sumba 

Terus Bertambah, 1.169 Warga Manggarai Positif Rapid Antigen

Politisi kelahiran Maumere itu menyebut, 6 Ranperda Prakarsa (inisiatif) DPRD NTT tediri dari Ranperda rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Ranperda perlindungan dan pelestarian sumber air, Ranperda penyelenggaraan pelayanan dan pengelolaan ruang laut sampai paling jauh 12 mil, Ranperda pemajuan kebudayaan di daerah, Ranperda pengembangan budaya literasi dan Ranperda perlindungan anak. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved