Breaking News:

Opini

Kerukunan Kunci Keutuhan NKRI

Bicara tentang kerukunan tidak pernah berakhir. Kerukunan adalah dasar persatuan. Modal penting yang harus dimiliki Bangsa Indonesia.

Foto pribadi
Ervanus Ridwan Tou, Sekjen Vox Point Indonesia 

Opini: Kerukunan Kunci Keutuhan NKRI

Oleh Ervanus Ridwan Tou

Sekjen Vox Point Indonesia

POS-KUPANG.COM - Bicara tentang kerukunan tidak pernah berakhir. Kerukunan adalah dasar persatuan. Modal penting yang harus dimiliki Bangsa Indonesia. Karena itu, seluruh rakyat Bangsa Indonesia wajib menjaga kerukunan untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

Dalam berbagai kesempatan, banyak sekali orang membicarakan tentang kerukunan. Karena hal tersebut berkaitan dengan persoalan menahun yakni toleransi beragama. Mengenai kebhinekaan di negara yang berdasarkan Pancasila dan bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika ini.

Pada dasarnya hidup rukun membawa sukacita dan kedamaian. Membawa kesejukan dan ketenangan. Hidup lebih harmonis yang berujung pada menguatnya toleransi umat beragama. Hidup rukun juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air.

Kerukunan muncul dari rasa saling menghargai dan menghormati. Bersimpati dan empati terhadap sesama. Saling berbagi dan berbelarasa. Menerima perbedaan sebagai suatu keniscayaan. Merasa setara sebagai sesama anak bangsa. Sama, sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Presiden Jokowi menyebut kerukunan antarumat beragama tidak muncul secara tiba-tiba. “Kerukunan itu merupakan hasil kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme golongan akan membawa kehancuran,” kata Presiden Jokowi dalam Pembukaan Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tahun 2020 (Republika.co.id, 3 November 2020).

Mantan Ketua FKUB DKI Jakarta Ahmad Syafi’i Mufid meyakini, yang diinginkan manusia ialah hidup rukun. Karena pada dasarnya kehadiran manusia buah dari cinta kasih dan kasih sayang. Ia menyebut, ketidakrukunan adalah penyimpangan (Media Indonesia, 26 Maret 2017).

Kerukunan beragama adalah keadaan hubungan antarumat beragama yang dilandasi toleransi. Saling pengertian dan saling menghormati dalam pengamalan ajaran agama. Serta kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved