Penanganan Covid

Di Nagekeo Delapan Orang Diperiksa, Gugus Tugas Temukan Lima Orang Positif Covid-19

Di Nagekeo delapan orang diperiksa, Gugus Tugas temukan lima orang positif Covid-19

Editor: Kanis Jehola
Di Nagekeo Delapan Orang Diperiksa, Gugus Tugas Temukan Lima Orang Positif Covid-19
istimewa
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Nagekeo, Silvester Teda Sada

Di Nagekeo delapan orang diperiksa, Gugus Tugas temukan lima orang positif Covid-19

POS-KUPANG.COM | BAJAWA- Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nagekeo kembali merilis hasil pemeriksaan swab terhadap delapan orang tanpa gejala yang di kirim ke Laboratorium Bio Molekur Kupang pada tanggal 23 Januari lalu.

Dari delapan orang yang telah mendapatkan hasil swab, lima orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 dan tiga orang lainnya dinyatakan negatif.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nagekeo Silvester Teda Sada mengatakan hal itu Kepada Pos Kupang, Jumat (29/1/2021).

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19 Tim Gabungan di Sumba Timur Semprot Disinfektan di Waingapu

Silvester menjelaskan bahwa, dari lima orang yang dinyatakan positif, dua di antaranya adalah ASN yang bertugas di Puskesmas Boawae, dan satu ASN lagi bertugas di Puskesmas Mauponggo.

Untuk itu, tegas Silvester, kepada dua pasien tersebut diminta supaya bisa menjelaskan secara jujur soal riwayat kronologis hingga proses swab dalam penyelidikan epidemiologis.

Baca juga: Sempat Terjadi Tarik Ulur Pasien Covid-19 di Sumba Timur Akhirnya Dimakamkan Secara Prokes

Terutama, kata Silvester, terkait riwayat perjalanan, riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif, atau mungkin habis melayat orang meninggal atau kegiatan pesta, atau memang benar-benar hanya diam di rumah.

"Karena informasi yang jujur dan lengkap akan membantu tim untuk mencari sumber penularan yang benar dan tracing kontak yang tepat," ungkapnya.

Silvester mengatakan, dengan adannya penambahan lima kasus tersebut semakin memperlihatkan adanya transmisi lokal yang sulit terkendali kalau mengabaikan kepatuhan pada 5 M.

"Jadi stop pesta Plpernikahan, maupun pesta-pesta apapun yang berpotensi mengundang banyak orang, karena tidak urgen," tegasnya.

Silvester mengharapkan, masyarakat Kabupaten Nagekeo supaya menjaga diri dengan baik dengan tetap patuh terhadap 5 M seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mobilisasi maupun beraktivitas yang tidak perlu.

Silvester menambahkan, berdasarkan data, hingga saat ini Kabupaten Nagekeo terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 41 orang dimana, yang dinyatakan sembuh atau sudah selesai menjalani masa isolasi sebanyak 27 orang. Sisanya 14 orang masih menjalani isolasi. (mm)

Berikut rincian 5 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini adalah sebagai berikut.

Kasus #37, yakni PP (26 thn) Laki-laki, ASN pada Puskesmas Mauponggo. Alamat: Kelurahan Mauponggo, Kec. mauponggo. Isolasi mandiri, tanpa gejala.
Tidak ada riwayat pelaku perjalanan. Rapid Antigen Positif 19 Januari 2021, SWAB pada 20 dan 21 Januari 2021 di Puskesmas Mauponggo.

Kasus#38, yakni EIS (34 THN) Perempuan, ASN pada Puskesmas Mauponggo. Alamat: Kelurahan Mauponggo, Kec. Mauponggo. IsolasiI mandiri, tanpa gejala. Tidak ada riwayat pelaku perjalanan.
Rapid Antigen Positif 19 Januari 2021, SWAB tanggal 20 dan 21 Januari 2021 di Puskesmas Mauponggo.

Kasus #39, yakni CMN (31 Thn) Perempuan, ASN pada POSKESWAN Boawae. Alamat : Kotagoa, RT 13, Kelurahan Natanage, Kec. Boawae. Pelaku Perjalanan ke Ruteng Kab. Manggarai Tanggal 03 - 06 Januari 2021. Rapid Antigen Positif 18 Januari 2021, SWAB pada 21 dan 22 Januari 2021 di Puskesmas Boawae.

Kasus #40, yakni SDR (42 Thn) Laki-laki, Relawan Covid-19 Boawae. Alamat : Nagenai, Kel. Natanage Timur, Kec. Boawae. Tidak ada riwayat perjalanan ke luar daerah, hanya ke Maunori tanggal 07-09 Januari 2021. Rapid Antigen Positif 20 Januari 2021, SWAB pada 21 dan 22 Januari 2021 di Puskesmas Boawae.

Kasus #41, yakni MEM (27 Thn) Perempuan, Alamat : Aimere, Kabupaten Ngada. Pasien Rujukan dari RSD Bajawa tanggal 13 Januari 2021. Diagnosa post lactomi, adheliosis drainage external. Awal kedatangan mengeluh sakit pada bekas operasi dan demam. Rapid Antigen tanggal 18 Januari 2021, SWAB tanggal 21 dan 22 Januari 2021 di RSD Aeramo.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved