Breaking News:

Info Kesehatan

Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya Bila Anda Sering Pipis, Jangan Disepelekan ya Guys

fungsi penyimpanan kandung kemih yang menyebabkan dorongan untuk buang air kecil secara mendadak dan tidak bisa dikontrol

Shutterstock
Ilustrasi 

Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya Bila Anda Sering Pipis, Jangan Disepelekan ya Guys

POS-KUPANG.COM--Buang air kecil adalah peristiwa dikeluarkannya urin pada alat pembuangan air kecil dari uretra sampai meatus air kecil keluar tubuh.

Menjadi masalahya, bila pipis terjadi lebih sering setiap harinya.

Selain mengganggu aktifitas setiap hari, bisa jadi ada penyebab lainnya.

Jika belakangan Anda sering buang air kecil atau tanpa disengaja air seni keluar tanpa bisa ditahan, bisa jadi itu adalah gejala Overactive Bladder atau disebut OAB di dalam kandung kemih Anda.

Lalu apa itu OAB dan apa penyebabnya?

Dokter Spesialis Urologi-Konsultam Urologi wanita dan neoro-Urologi, dr Harrina E Rahardjo, Sp. U ( K) , Phd., dari Siloam Hospitals Asri menjelaskan, kandung kemih overaktif atau overactive bladder (OAB) adalah masalah pada fungsi penyimpanan kandung kemih yang menyebabkan dorongan untuk buang air kecil secara mendadak dan tidak bisa dikontrol atau keluarnya urine tanpa disadari (inkontinensia urine).

"Penyebab utama adalah pada overactive bladder, terdapat kesalahan pengiriman sinyal antara otak dan kandung kemih."

"Otot kandung kemih berkontraksi terlalu awal walaupun kandung kemih belum penuh. Kontraksi ini memicu rasa ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya," ujar dr Harrina E Rahardjo, Sp. U(K) , Phd., melalui Webinar Kesehatan yang diselenggarakan Manajemen Siloam Hospitals Asri dengan tema : "Jangan Anggap Sepele, Wanita Sering "pipis" atau "beser" di Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021).

Dalam presentasinya, Herina menjelaskan, organ ginjal berfungsi menyaring darah dan menghasilkan urine.

Halaman
1234
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved