Breaking News:

Info Kesehatan

Anda Sering Merasa Sulit Bahagia ?  Waspadai Anhedonia

Anhedonia bisa terjadi karena adanya gangguan depresi mayor dan berbagai gangguan kesehatan mental seperti skizofrenia, dan psikosis.

NET
ilustrasi bahagia 

Anda Sering Merasa Sulit Bahagia ?  Waspadai Anhedonia

POS-KUPANG.COM--Anda bahagia? satu pertanyaan sering kita terima saat berada bersama yang lain.

Lalu, pernahkah Anda merasa sulit berbahagia dan tidak lagi hal yang terasa menarik dalam hidup?

Berada di fase seperti itu memang terasa tidak nyaman. Hidup terasa hampa dan membosankan. Dalam dunia medis, kondisi tersebut ternyata dikenal dengan istilah anhedonia.

Anhedonia bisa terjadi karena adanya gangguan depresi mayor dan berbagai gangguan kesehatan mental seperti skizofrenia, dan psikosis.

Selain itu, anhedonia juga bisa menjadi tanda adanya gangguan fisik seperti penyakit parkinson, diabetes, dan penyakit arteri koroner.

Gejala Ada dua tipe anhedonia yang biasa terjadi, yakni anhedonia fisik dan sosial. Anhedonia fisik membuat penderitanya tidak mampu merasakan kebahagiaan atau kenikmatan dari sentuhan seperti makan, berpelukan dengan orang tersayang, atau berhubungan seks.

Anhedonia sosial membuat penderitanya tidak tertarik melakukan kontak sosial dan tidak merasa bahagia atau senang saat berada dalam situasi sosial.

Gejala anhedonia yang umum terjadi antara lain: isolasi diri kurangnya hubungan atau penarikan dari hubungan sebelumnya perasaan negatif terhadap diri sendiri dan orang lain kemampuan emosional yang berkurang, termasuk kurang ekspresi verbal atau nonverbal kesulitan menyesuaikan diri dengan situasi sosial

Kecenderungan untuk menunjukkan emosi palsu, seperti berpura-pura bahagia di sebuah acara pernikahan kehilangan libido atau kurangnya minat pada keintiman fisik sering jatuh sakit.

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved