Kadis Irene : Sesuai SE Kementerian Kesehatan, 10 Pejabat di TTS Akan Vaksin Dahulu

distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid 19. Dimana SE tersebut ditujukan kepada seluruh kepala dinas se-Indonesia.

Penulis: Dion Kota | Editor: Rosalina Woso
Pos Kupang.com/Dion Kota
Kadis Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte 

Kadis Irene : Sesuai SE Kementerian Kesehatan, 10 Pejabat Di TTS Akan Vaksin Dahulu

POS-KUPANG.COM | SOE -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte meralat pernyataannya yang mengatakan vaksin Covid 19 tahap awal tidak diperuntukkan untuk para pejabat dan tokoh daerah. Pada Senin (11/1/2021) sore, dirinya baru menerima surat edaran (SE) dari Kementerian kesehatan RI, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. Nomor SR.02.06/II/80/2021.

Hal distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid 19. Dimana SE tersebut ditujukan kepada seluruh kepala dinas se-Indonesia.

Dimana pada point' 5 menerangkan, untuk meningkatkan kepercayaan publik, keamanan  dan kehalalan vaksin, pelaksanaan vaksinasi didahului dengan pemberian kepada sekitar kurang lebih 10 orang pimpinan dan tokoh daerah yang terdiri dari unsur pejabat publik di daerah untuk Gubernur, Wakil Gubenur, Bupati/Walikota, pangdam, Kapolda, Pimpinan DPRD, kepala dinas kesehatan, direktur rumah rujukan Covid 19, pengurus asosiasi tenaga kesehatan,  key leader kesehatan daerah, perwakilan organisasi masyarakat dan organisasi agama yang ada di daerah. 

"Saya baru dapat SE dari Kementerian kesehatan jika para pejabat dan tokoh di daerah akan terlebih dahulu menerima vaksin Covid 19 dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik, keamanan  dan kehalalan vaksin," ungkap Irene.

Pasca menerima SE tersebut, dirinya akan berkoordinasi dengan para pejabat dan tokoh daerah terkait kesediaannya untuk menerima vaksin Covid 19. Karena terkendala usia, maka Bupati TTS, Egusem Piether Tahun tidak akan menerima vaksin Covid 19 untuk tahap ini. Dimana, Bupati Tahun diketahui sudah menginjak usia 60 tahun pada tahun 2021 ini.

" Kita akan koordinasi dengan para pejabat dan tokoh daerah yang akan menerima vaksin pada tahap awal ini. Kita berharap par tokoh da pejabat daerah bisa mendukung menyukseskan pelaksanaan vaksinasi ini," terangnya.

Hari ini sendiri lanjut Irene, bertempat di aula kantor Dinas Kesehatan Kabupaten TTS dilakukan pelatihan vaksinator bagi 37 tenaga kesehatan yang merupakan perwakilan dari 36 Puskesmas dan RSUD Soe. Pelatihan berlangsung secara online dengan pemateri dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Propinsi NTT.

Usai mengikuti pelatihan secara online tersebut, masing-masing perwakilan akan mengajarkan kembali ilmu yang didapatkan kepada teman-temannya yang masuk dalam tenaga vaksinator vaksin Covid 19.

"Bagi tenaga kesehatan yang hari ini sudah mengikuti pelatihan vaksinator, mereka akan melanjutkan ilmu yang didapat kepada teman-temannya sudah terdaftar sebagai tenaga vaksinator. Dalam pelatihan ini diajarkan cara menyimpan dan memberikan vaksin Covid 19," jelasnya.

Ditanyakan kapan vaksin Covid 19 kuota Kabupaten TTS akan dikirimkan, Irene mengatakan, vaksin baru akan dikirim setelah dilakukan pelatihan vaksinator dan sosialisasi pemberian vaksin Covid 19.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga akan menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder terkait seperti, Polres TTS, Kodim, PLN dan beberapa pihak terkait guna menyukseskan pemberian vaksin Covid 19.

Baca juga: Anda Ingin Sukses Turunkan Berat Badan dengan Oatmeal ? Ikuti 4 Tipsnya Agar Tidak Gagal Diet

Baca juga: Terkait Gugatan Paket Niga-Oris, KPU Sumba Barat Tunggu Pengumuman MK 18 Januari 2021

Baca juga: 23 Pasien Covid-19 Kabupaten Sumba Barat Dinyatakan Sembuh

"Setelah tahapan pelatihan vaksinator, dilanjutkan dengan tahapan sosialisasi barulah vaksin yang menjadi kuota kita dikirimkan pihak propinsi. Untuk tempat penyimpanan semua sudah siap. Kita juga akan berkoordinasi dengan pihak keamanan dan PLN dalam pelaksanaan pemberian vaksin Covid 19 ini," pungkasnya. (Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Dion Kota)

 
 

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved