Breaking News:

Info Kota Kupang Terkini

WASPADA :Angka Covid-19 Terus Meningkat, Pemerintah Kota Kupang Akan Tutup Kota ini dari Pesta 

diaktifkan kembali posko gugus tugas hingga di tingkat kelurahan dan poskonya berpusat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah

POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pemerintah Kota Kupang belum menerima instruksi untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk seluruh Indonesia dari Pemerintah Pusat.

"Jika ada pembatasan dari tingkat nasional, mengapa tidak? Karena kita NKRI, kita akan sesuaikan. Kita tindak lanjut dengan perwali tapi sampai hari ini belum ada ," kata Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (6/1).

Namun, Herman, mengingatkan warga kota bahwa kasus positif kota Kupang sudah 1055. Kemudian angka reproduktif sudah lebih dari 1,7. Hal ini berarti setiap 100 penderita berpitensi menyebarkan ke 200 orang.

"Kalau kasus kita sampai 2000, saya mengatasnamai Wali Kota Kupang meskipun pak Gubernur marah saya tutup kota ini untuk pesta bersamaan dengan edaran nasional tadi. Pesta kita tutup, karena reproduktif rate kita sudah lebih dari dua, saya tidak mau membuat banyak warga kota yang meninggal," ujarnya.

Selanjutnya, untuk penanganan Covid-19 di 2021 melalui rapat dengan instansi terkait telah diputuskan beberapa hal penting.
Pertama, kata Herman, diaktifkan kembali posko gugus tugas hingga di tingkat kelurahan dan poskonya berpusat di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Kupang. "Berkoordinasi dengan semua pihak yang perlu, saya minta Pak Sekda untuk menghitung sumber daya yang dibutuhkam untuk mengaktifkan posko," tuturnya. 

Baca juga: Di Sikka - NTT, Pria Manggarai ini Mengaku Sebagai Dukun Perawan, Ini Modusnya dan Pengakuan, INFO

Kedua, gugus tugas kelurahan diaktifkan tapi dibekali dengan sumber daya dan biaya operasional untuk pengawasam OTG, isolasi mandiri dan pengobatan mandiri di rumah.

Baca juga: Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Atambua Penuh, Ada Pasien Reaktif Antigen, IGD Ditutup, Simak INFO

Baca juga: 451 Tenaga Kesehatan Sumba Barat Siap Terima Vaksin Virus Corona, Ini Penjelasan Pemkab Sumbar INFO

"Minggu depan kita rapat dengan semua Forkompinda untuk memgambil langkah-langkah dan paling penting menentukan status covid kota ini sudah seperto apa, darurat, serius lalu berdampak pada kehidupan sosial kemasyarakatan," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPR4ANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved