Breaking News:

Salam Pos Kupang

Hadapi Seleksi CPNS 2021

Kementerian PAN-RB memastikan bakal dibuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) formasi tahun 2021

Hadapi Seleksi CPNS 2021
Dok POS-KUPANG.COM
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - KABAR gembira bagi para pencari kerja baik yang lulusan sarjana, sarjana muda/ahli madya maupun yang lulusan sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan ( SMA/SMK). Kementerian PAN-RB memastikan bakal dibuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) formasi tahun 2021.

Rencana dibukannya formasi CPNS pada tahun 2021 tersebut merupakan jawaban Kementerian PAN-RB atas begitu banyaknya usulan dari instansi pemerintah baik instansi pemerintah yang ada di pusat maupun daerah.

Pasalnya di beberapa instansi memang masih membutuhkan begitu banyak tenaga kerja, seperti tenaga di bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis yang mendukung arah prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah.

Baca juga: Pilkada 2020 Kuburan Incumbent

Bagi para pencari kerja, terutama di daerah yang masih banyak menggantungkan harapan pada profesi pegawai negeri sipil ( PNS), termasuk di Provinsi NTT, sinyal akan dibukanya formasi CPNS formasi 2021 ini patut disambut gembira.

Tapi hal paling penting dengan adanya sinyal tersebut ialah persiapan diri, baik dari aspek kemampuan diri maupun secara administrasi.

Baca juga: KPU Manggarai Tetapkan Hery-Heri Terima Kasih Deno-Madur

Secara administrasi, para pencari kerja atau calon tenaga kerja harus mempersiapkan secara baik dan lengkap berkas administrasi yang diperlukan. Misalnya menyiapkan ijazah dan legalisirnya, kartu tanda penduduk, serta berbagai berkas lain yang biasanya dibutuhkan dalam setiapkali rekrutemen CPNS.

Persiapan dini penting agar tidak terburu-buru pada saat menjelang pelaksanaan seleksi CPNS. Sebab jika baru diurus menjelang seleksi CPNS sudah tentu akan repot karena begitu banyak para pencari kerja yang mengurusnya.

Selain persiapan berkas administrasi, hal paling penting lainnya ialah mempersiapkan kemampuan diri secara lebih baik. Persiapan ini mencakup aspek keilmuan dan skill.

Dari aspek keilmuan, pastikan dan yakinkan diri bahwa sebelum mengikuti seleksi CPNS, Anda telah mempersiapkan diri secara matang, terutama dari segi kemampuan.

Mengapa persiapan akan keampuan diri ini penting karena persaingan saat ini sangat ketat. Para peserta yang mengikuti seleksi CPNS sudah tentu semuanya mempunyai kemampuan kompetitif. Mereka datang dari berbagai latar belakang dengan kemampuan kompetitif yang tentu tidak bisa dianggap remeh.

Apabila Anda kurang mempersiapkan diri secara baik-baik, sudah tentu Anda akan tergusur dari arena persaingan.

Selain kemampuan diri dan administrasi, hal ketiga yang tidak kalah penting ialah meningkatkan skill mengoperasikan peralatan kerja seperti komputer atau laptop. Sebab seleksi CPNS saat ini semuanya menggunakan jaringan online serta perangkat komputer dan laptop.

Jika kalah skill dalam mengoperasikan perangkat ini sudah bisa dipastikan bakal menemui kegagalan. (*)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved