Breaking News:

Jelang Natal 2020 & Tahun Baru 2021, ASDP Kupang Prediksi Ada Penurunan Penumpang

Jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, ASDP Cabang Kupang memprediksi akan adanya penurunan penumpang

POS-KUPANG.COM / Intan Nuka /
General Manager ASDP Cabang Kupang, Cuk Prayitno didampingi Manager Usaha Hermin Welkis saat ditemui POS-KUPANG.COM, Rabu (2/12/2020) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Jelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, ASDP Cabang Kupang memprediksi akan adanya penurunan penumpang dibandingkan tahun sebelumnya. Penurunan jumlah penumpang tersebut mencapai 50 persen.

"Kalau prediksi kami untuk penumpang itu alami penurunan karena pandemi Covid-19. Ini belum kondisi normal, muatan itu dibanding tahun lalu secara presentase lumayan turun," ungkap General Manager ASDP Cabang Kupang Cuk Prayitno kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: Dugaan Korupsi Aset - Ahli Waris Tepis Karni Ilyas dan Gories Mere Punya Tanah di Labuan Bajo

Meski demikian, ASDP Cabang Kupang tetap mempersiapkan posko penyelenggaraan Nataru sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang melibatkan beberapa instansi terkait.

Ia menjelaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi untuk kelancaran operasional di pelabuhan yang dikelola oleh ASDP Cabang Kupang, yakni Pelabuhan Bolok di Kupang, Pelabuhan Rote, dan Pelabuhan Larantuka.

Baca juga: Dishub NTT Koordinasi Jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Guna menghindari kerumunan massa di tengah situasi Covid-19, pihaknya berencana akan memberlakukan pembelian tiket penumpang secara online dan penggunaan kartu BRIZZI bagi kendaraan. "Untuk penumpang, online. Kalau sudah resmi, akan kami rilis. Sekarang kami masih kami bicarakan dengan BRI," jelasnya.

Tak hanya itu, Priyatno berujar bahwa jadwal keberangkatan kapal Fery pun bisa dilihat di laman ASDP agar penumpang tidak terlalu lama menunggu di pelabuhan. Mengatasi penumpukan penumpang di pelabuhan dengan fasilitas yang tidak mendukung, kini sementara dibangun terminal baru dengan kapasitas enam kali lipat terminal lama.

"Jadi ada 11 kapal dan dermaga baru yang kami rehab sudah bisa dioperasikan. Mudah-mudahan lancar. Kami harus siap melayani masyarakat apalagi di momen penting. Persiapan jauh-jauh hari sudah kami lakukan," ungkapnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved