Breaking News:

NEWS ANALYSIS Dr Ahmad Atang Pengamat Politik: Estimasi Partai Golkar Wajar

NEWS ANALYSIS Dr Ahmad Atang pengamat politik: estimasi Partai Golkar wajar

POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Dr. Ahmad Atang 

NEWS ANALYSIS Dr Ahmad Atang pengamat politik: estimasi Partai Golkar wajar

POS-KUPANG.COM - SEBAGAI partai pengusung, sah saja kalau Partai Golkar membuat estimasi kemenangan pada delapan dari sembilan kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak.

Partai Golkar memiliki alasan atas klaim tersebut, mereka sendiri yang tahu. Namun suatu hal yang pasti bahwa, Partai Golkar tidak sendirian tetapi selalu berkoalisi dengan partai lain. Sehingga kemenangan paslon yang diusung merupakan kemenangan bersama bukan hanya satu pihak. Setiap partai koalisi tentu punya kontribusi atas kemenangan paslon yang diusung.

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Berikan Tali Asih Kepada Veteran Seroja

Jika dilihat dari sisi fatsun politik, Partai Golkar mesti menjaga soliditas koalisi agar menjadi kekuatan penyangga yang diperhitungkan oleh paslon lawan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua figur yang diusung Partai Golkar merupakan kader partai. Namun merupakan tokoh lokal yang populer karena jabatan sebagai petahana, tokoh profesional dan sebagainya.

Baca juga: Satgas Gagalkan Penyelundupan Minyak Tanah

Sehingga kemenangan dalam tataran politik sebenarnya partai politik sedang bermain dalam wilayah yang semu. Melihat peta kekuatan pilkada kali ini terpola pada dua kutub yakni, paslon petahana dan non petahana. Delapan kabupaten merupakan paslon petahana baik sebagai bupati maupun wakil bupati.

Dengan demikian dapat diduga bahwa rivalitas massa akan menguat pada daerah yang head to head dan terjadi polarisasi massa yang menyebar pada daerah yang paslonnya lebih dari dua paket. (cr6)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved