Breaking News:

Berita Waikabubak Hari Ini

Kadis LH Sumba Barat Butuh Peran Semua Stakelholder Jaga Kebersihan Kota

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Baratmengatakan perlu keterlibatan seluruh elemen masyarakat kebersihan dalam kota ini

POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Rapat badan anggaran DPRD Sumba Barat yang dipimpin Ketua badan anggaran DPRD Sumba Barat, Dominggus Ratu Come dan hadir pejabat sementara bupati Sumba Barat, Drs.Semuel Pakereng, penjabat sekda, Daniel Pabala dan pimpinan OPD di ruang rapat badan anggaran DPRD Sumba Barat, Rabu (4/10/2020). 

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK---Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat, Ir.Dedy Suyatno mengatakan perlu keterlibatan seluruh elemen masyarakat Sumba Barat untuk menjaga kebersihan dalam kota ini. Tanpa keterlibatan dan peran aktif semua elemen masyarakat dalam menjaga dan membersihkan kota ini maka hal itu sulit terwujud.

Salah satu kegiatan rutinitas Dinas Lingkungan Hidup Sumba Barat adalah setiap hari Jumat membersihkan sampah dalam kota Waikabubak terutama sampah di pasar lama dan drainase dalam kota Waikabubak dan sekitarnya.

Baca juga: Ketua Bawaslu Sumba Barat, Belum Temukan Pelanggaran Berat Selama Kampanye

Harapan lahir kesadaran masyarakat Sumba Barat umumnya dan masyarakat Kota Waikabubak khususnya untuk mau menjaga kebersihan kota ini paskah pembersihan tersebut.Fakta lapangan menunjukan masih minimnya kesadaran masyarakat sehingga harapan hadir sebuah kota yang bersih, indah dan menarik belum terwujud pula. Walau begitu bukan berarti mengendurkan semangat pemerintah mengedukasi masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan kota ini.

Baca juga: KEWAJIBAN dan Hakku di Rumah, KUNCI Jawaban Halaman 2 3 4 5 6 Tema 4 Kelas 3 Buku Tematik SD/MI

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumba Barat, Ir.Dedy Suyatno menyampaikan hal itu setelah Pejabat sementara Bupati Sumba Barat, Drs.Semuel Pakereng mempersilahkannya menjawab pertanyaan anggota badan anggaran tentang penanganan kebersihan kota Waikabubak dalam rapat badan anggaran DPRD Sumba Barat yang dipimpin Ketua badan anggaran yang juga adalah Ketua DPRD Sumba Barat, Dominggus Ratu Come di ruang badan anggaran DPRD Sumba Barat, Rabu (14/10/2020).

Menurutnya, secara teknis, setiap hari petugas kebersihan sampah berkeliling mengangkut sampah dalam kota ini. Pihaknya berharap masyarakat proaktif membantu mengumpulkan sampah, mengisi dalam karung dan menempatkannya di halaman depan rumah sehingga memudahkan petugas mengangkutnya. Masyarakat juga dapat membuang sampah pada tempat sampah yang telah disiapkan pemerintah sehingga memudahkan pula petugas mengangkutnya.

Baginya hanya dengan kesadaran bersama semua elemen masyarakat Sumba Barat menjaga kebersihan maka akan tercipta kota waikabubak yang bersih, rapih dan indah. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved