Menteri Keuangan Ingatkan Menhan Prabowo Subianto Anggaran Rp 137 Triliun Bukan Hanya Beli Alutsista

Anggaran kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto merupakan yang terbesar kedua setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Editor: Frans Krowin
Instagram/smindrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

Menteri Keuangan Ingatkan Menhan Prabowo Subianto Anggaran Rp 137 Triliun Bukan Hanya Beli Alutsista

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan anggaran Kementerian Pertahanan pada tahun 2021.

Dalam tahun anggaran 2021 itu, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mendapatkan alokasi dana mencapai Rp 137 triliun.

Anggaran kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto tersebut merupakan yang terbesar kedua setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Anggaran KemenPUPR pada tahun 2021 mendatang direncanakan sebesar Rp 149,81 triliun.

"Anggaran Kemenhan Rp 137 triliun, kedua terbesar," ujar Sri Mulyani Indrawati ketika memberikan keterangan usai rapat paripurna terkait pengesahan UU APBN 2021, Selasa (29/9/2020).

Bendahara Negara itu berharap, dengan jumlah anggaran tersebut, Kemenhan diharapkan tidak hanya menggunakannya untuk belanja alutsista, namun juga untuk memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan prajurit.

"Kita berharap tentu tak hanya untuk alutsista tapi juga untuk kebutuhan dan kesejahteraan prajurit akan semakin diperhatikan dan membaik," jelas Sri Mulyani.

Untuk diketahui, anggaran sebesar Rp 137 triliun tersebut akan digunakan untuk tujuh program, yakni program penggunaan kekuatan sebesar Rp 4,4 triliun, program profesionalisme dan kesejahteraan prajurit Rp 11,42 triliun.

Inilah Batas Waktu, Tata Cara dan Waktu Terbaik Shalat Dhuha, Ada 7 Keutamaan yang Tidak Sia-sia

ILC TV One Buat Polling Bertema Ideologi PKI Masih Hidup? Hasilnya Mengejutkan 84,7 Persen Sebut Iya

Jumpa Pejabat Pentagon, Menhan Prabowo Tegaskan Hal Ini Soal Laut China Selatan
Jumpa Pejabat Pentagon, Menhan Prabowo Tegaskan Hal Ini Soal Laut China Selatan (KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)

Kemudian, program kebijakan dan regulasi pertahanan sebesar Rp 35,4 miliar, program modernisasi alutsista, non alutsista dan sarpras pertahanan Rp 42,65 triliun, program pembinaan sumber daya pertahanan Rp 1,6 triliun.

Lalu, untuk program riset, industri, dan pendidikan tinggi pertahanan sebesar Rp 543,8 miliar. Dan, program dukungan manajemen sebesar Rp 76,28 triliun.

Dalam RAPBN tahun 2021 juga disebutkan pendapatan BLU Kementerian Pertahanan ditargetkan sebesar Rp 3,09 triliun, turun 2,6 persen dari proyeksi tahun 2020 sebesar Rp 3,17 triliun.

Adapun secara keseluruhan, tahun depan pemerintah mengalokasikan belanja negara sebesar Rp 2.750,02 triliun.

Belanja tersebut terdiri atas belanja pemerintah pusat sebesar Rp 1.954,54 triliun, serta belanja trasfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 795,47 trilliun. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2020/09/29/204851326/sri-mulyani-ingatkan-prabowo-soal-anggaran-rp137-triliun-tak-hanya-untuk

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved