Breaking News:

Berita Sumba Timur

Pemkab Sumba Timur Segera Terapkan Sanksi Bagi yang Tak Terapkan Protokol Kesehatan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur segera menerapkan sanksi bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan sebagaimana diatur dal

Pemkab Sumba Timur Segera Terapkan Sanksi Bagi yang Tak Terapkan Protokol Kesehatan
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Sekda Kabupaten Sumba Timur Domu Warandoy,S.H,M.Si

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/WAINGAPU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur segera menerapkan sanksi bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam peraturan bupati (perbup) No 29 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah setempat

Informasi yang diperoleh POS-KUPANG.COM, Sabtu (19/9/2020), Pemkab Sumba Timur sudah melakukan sosialisasi berupa pengumuman keliling soal perbup nomor 29/2020. Setelah diketahui masyarakat, maka tim gabungan akan melakukan operasi penertiban.

Operasi penertiban awal, apabila ditemukan adanya masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan, ditegur. Namun untuk operasi berikutnya akan dilakukan penerapan sanksi.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy,S.H ,M. Si mengatakan, dengan adanya perbup no 29/2020, maka pemerintah akan mengawasi pendisiplinan terhadap protokol kesehatan.

Menurut Domu, di tempat-tempat umum harus disediakan tempat cuci tangan dan tentu pelaksanaan 4 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Pelaku usaha harus menyediakan sarana prasarana bagi karyawan dan pengunjung yang datang ke tempat usahanya," kata Domu.

Untuk diketahui di dalam Perbup No 29 Tahun 2020 itu juga mengatur terkait sanksi. Sanksi ada berupa
teguran lisan atau tertulis.

Pembinaan sosial, yakni menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila. Ada juga
pembinaan fisik, lari di tempat, membersihkan fasilitas umum.

Bagi pelaku usaha, berupa teguran lisan, tertulis, denda administrasi, membagi masker, siapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, penghentian sementara usaha atau mencabut izin sesuai ketentuan perundangan-undangan yang berlaku

Domu Warandoy ,S.H, M.Si
Domu Warandoy ,S.H, M.Si (POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru)

Wander Luiz Hattrick, Persib Bandung Tekuk Bandung United Skor 5-1, Ini Keunggulannya INFO

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved