Breaking News:

Bupati Niga Dapawole Resmikan Pasar Rakyat dan Lumbung Desa Tebara

Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole meresmikan pasar rakyat dan lumbung Desa Tebara

HUMAS&PROTOKOL; PEMKAB SUMBA BARAT
SELENDANGI BUPATI -Tokoh masyarakat Tebara, Yohanes Dade,S.H (kanan) selendangi Bupati, Drs.Agustinus Niga Dapawole (kiri) saat peresmian Pasar Desa dan Lumbung di Tebara, Rabu (3/9/2020) 

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole meresmikan pasar rakyat dan lumbung Desa Tebara yang dirangkaikan dengan syukuran Tebara sebagai desa wisata nasional, Rabu (3/9/2020).

"Atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan proficiat dan terima kasih atas terselesaikannya pasar rakyat dan lumbung desa, sehingga masyarakat Desa Tebara dan sekitarnya dapat menikmati fasilitas pasar dan lumbung desa yang layak dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan mereka," kata Bupati Niga Dapawole.

Konsumsi Keberlanjutan Pengolahan Ikan Untuk Pencegahan Stunting di Lembata

Bupati Niga Dapawole mengatakan masyarakat Desa Tebara dan sekitarnya sekarang bisa bernapas lega, setelah pembangunan Pasar Rakyat dan Lumbung Desa ini selesai, sudah bisa langsung difungsikan.

Selesainya pasar dan lumbung desa ini tidak terlepas dari partisipasi masyarakat Kecamatan Kota Waikabubak yang selama ini mendukung penuh.

Corona Sumba Timur - Warga Kontak Dengan Pasien Covid-19 Diminta Lapor ke Gugus Tugas

"Saya berharap dengan selesainya pasar dan lumbung desa ini, seluruh masyarakat yang selama ini menggunakan pasar rakyat sebagai urat nadi perekonomian bisa melaksanakan aktivitas jual beli dengan lebih nyaman,"ujar Niga Dapawole dalam rilis yang dikirim Humas dan Protokol Pemkab Sumba Barat, Rabu (3/9/2020).

Bupati Niga Dapawole mengingatkan bahwa pembangunan akan sangat sulit berhasil apabila tanpa diikuti oleh partisipasi aktif dari masyarakat, terlebih pada saat pemanfaatan dan pemeliharaannya, dimana biasanya membangun itu lebih mudah daripada memeliharanya.

Oleh karena itu, Bupati Niga Dapawole meminta kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengimbangi pembangunan pasar dan lumbung desa ini dengan kemauan untuk memeliharanya, sehingga dapat bermanfaat dan berdaya guna bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kepala Desa Tebara, Marthen Ragowino Bira, SS menyampaikan Pasar Desa Tebara yang lahannya disewa sebesar Rp 5 juta pertahun dan Lumbung Desa Tebara disewa sebesar Rp 3 juta pertahun dengan sistem HGB dan disahkan perjanjiannya secara hukum lewat akta notaris pada Kantor Notaris & PPAT Sandy Tendean, SH, M. Kn, diharapkan akan membuka lapangan kerja dan memutar roda perekonomian di Desa Tebara.

"Dengan perkiraan pendapatan bersih sebesar Rp 150 juta pertahun, karena Pemerintah Desa Tebara dan pengurus Bumdes Iyya Tekki Desa Tebara yakin mimpi besar kami untuk memiliki PADES sebesar Rp 1 miliar per tahun sehingga masuk dalam kategori Desa Unicorn akan segera tercapai," tandas Kades Marthen Bira.

Sedangkan Tokoh Masyarakat Yohanis Dade, S.H pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sumba Barat atas kebijakannya telah memberikan perhatian terhadap masyarakat di Desa Tebara.

Hal tersebut ditandai dengan penyelempangan kain dan penyambutan dengan tari-tarian serta pakalaka dan payawou oleh masyarakat Desa Tebara.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Komisi C DPRD Sumba Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pimpinan Perangkat Daerah/Unit Kerja, Camat Kota Waikabubak, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan LSM/NGO, para Kepala Sekolah dan Masyarakat Desa Tebara.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Gerardus Manyella)

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved