Breaking News:

Salam Pos Kupang

Litani Program Cashback

DI tengah suasana sulit akibat pandemi Corona, pemerintahan tak henti-hentinya merencanakan program untuk merangsang pertumbuhan ekonomi

Litani Program Cashback
Dok
Logo Pos Kupang

POS-KUPANG.COM - DI tengah suasana sulit akibat pandemi Corona seperti sekarang, pemerintahan tak henti-hentinya merencanakan program untuk merangsang pertumbuhan ekonomi sekaligus memulihkan ekonomi nasional.

Salah satu program yang baru saja diperkenalkan Presiden Joko Widodo kepada publik, adalah program cashback Rp 750 ribu. Program itu diperkenalkan melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam program itu, pemerintah menyiapkan cashback hingga Rp 750.000 bila membeli produk usaha kecil dan menengah ( UMKM) secara digital.

Waspada! Tiga Warga Manggarai Positif Covid-19

Program cashback UMKM itu memang baru diluncurkan, sehingga saat ini program tersebut belum membooming, terlebih di kalangan pengusaha UMKM.

Mungkin karena itu, sehingga sampai sekarang kebanyakan pengusaha UMKM, termasuk di Provinsi NTT, belum memahaminya secara baik.

Jika ini menjadi problema yang dihadapi, maka kita berharap agar pemerintah pada jenjang yang lebih rendah, sesegera mungkin melakukan pelbagai hal untuk menyampaikan itu secara luas kepada masyarakat.

Merespon Tuntutan Peternak Ayam Broiler di Belu Ini yang Dilakukan PT MSJ

Ini penting, agar publik di Tanah Air bisa tahu cara memanfaatkan program cashback tersebut. Selain itu, publik juga memahami bagaimana mendapatkan program stimulus yang satu ini.

Perlu dipahami, bahwa kendati program tersebut belum diketahui mayoritas masyarakat, termasuk para pengusaha UMKM, tetapi pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran yang cukup fantastis.

Total dana yang disiapkan untuk program cashback tersebut mencapai Rp 7,6 triliun. Itu artinya, pemerintah benar-benar siap untuk merangsang pertumbuhan ekonomi kecil dalam rangka memulihkan ekonomi di Tanah Air.

Untuk itu, adalah baik bila mulai saat ini pemerintah di daerah secepatnya mensosialisasikan program itu. Dan pada saat yang sama, para pengusaha UMKM juga menjemput informasi tentang program tersebut.

Bahkan konsumen pun jangan diam dan berpangku tangan. Pasalnya, konsumen juga akan mendapatkan manfaat dari fresh program pemerintah pusat ini.

Bila ini dilakukan bersama-sama, maka ending dari program tersebut, tentu akan menjadi nyata. Lebih dari itu, dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh penghuni negeri ini.

Itu artinya, usaha kecil akan tumbuh dan berkembang, ekonomi masyarakat juga perlahan membaik di tengah prahara Covid-19 dan ujung-ujungnya, upaya pemulihan ekonomi nasional akan menjadi nyata.

Kita berharap agar melalui program cashback Rp 750 ribu ini, litani pengusaha UMKM yang merana akibat terdampak Covid-19, perlahan-lahan terjawab dan UMKM yang sempat lesu, bangkit lagi seperti dulu. Semoga. *

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved