TRIBUN WIKI: Menjelajahi Padang Savana Nagerawe di Nagekeo Flores

Di Kabupaten Nagekeo misalnya, bentang alam memukau dengan pohon gamal memberikan pemandangan menarik

Penulis: Gordi Donofan | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Pengunjung saat berpose di Padang Savana Nagerawe Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo, Minggu (9/8/2020). 

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Berkunjung di daerah beriklim kering rupanya memberikan keindahan tersediri ketika memasuki musim kemarau. Di Kabupaten Nagekeo misalnya, bentang alam memukau dengan pohon gamal memberikan pemandangan menarik ketika bunga-bunga gamal di Savana Nagekeo mulai bermekaran.

Anda akan menikmati jika berwisata ke Nagekeo. Musim kemerau panjang memberikan warna tersendiri dilokasi padang dan savana.

Meskipun Sudah Tak Ada Positif Covid-19, Gugus Tugas Manggarai Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Pesona tersaji ketika melihat ratusan bunga-bunga gamal mekar begitu indah dan menarik.

Seperti halnya ketika berada di padang savana Nagerawe Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo.

Panorama alam tersaji indah ketika bunga-bunga gamal atau pohon lirik ini mulai bermekaran disepanjang jalan dan bukit serta padang savana.

Sampah Berserakan di Pasar Inpres Ruteng

Warga Boawae, Arman Jano mengatakan puluhan pohon gamal yang tumbuh liar di savana memberikan pemandangan menarik hingga kita betah untuk berlama-lama disana.

"Bunganya yang khas dengan warna seperti bunga sakura ini bisanya bermekaran ketika mulai memasuki musim kemarau. Lokasinya ini sangat bagus dan strategis tepat dipinggir jalan. Memang jalan agar susah menuju Nagerawe tapi akan terbaya jika sudah sampai ke tempat ini," ujar Arjan kepada POS-KUPANG.COM Minggu (9/8/2020).

Ia mengatakan selain menikmati padang savana bisa melihat langsung pesona Gunung Ebulobo dan biasanya pohon-pohon Gamal ini berada dekat dengan kebun warga karena sebagai pagar.

"Selain keindahan dari bunga-bunga yang bermekaran di musim kemarau daun gamal rupanya mempunyai manfaat sebagai mulsa atau pupuk hijau untuk memperbaiki kesuburan tanah juga sebagai ramuan pestisida alami buat para petani," ujarnya.

Ia mengatakan sejumlah anak muda di Nagekeo yang suka memotret bisanya rela berjalan ke pedesaan ketika musim kemarau tiba untuk sekedar menikmati momen indah ini.

Ia mengaku sangat senang ketika bunga bermekaran ada objek seperti burung atau lebah yang menjadi objek menarik untuk di abadikan dengan kamera yang dibawa.

Ia mengungkapkan dirinya sangat senang ketika menikmati pesona padang Savana Nagerawe.

Kata dia, dibagian utara Flores khususnya Nagekeo saat musim kemarau seperti ini banyak bunga gamal yang bermekaran apalagi di padang savana.

Sementara itu, warga Nagerawe Yohanes D. Moni mengatakan berwisata ke Nagekeo tidak akan pernah menyesal.

Selain tempat-tempat wisata yang unik dan menarik di Nagekeo juga memiliki bukit dan padang savana yang indah.

"Banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik. Ada air terjun Ngaba Tata. Pulau Pasir Putih Ri'i Ta'a, Pulau Kinde, Watu Ndoa, kampung adat tradisional dan masih banyak lagi tempat wisata yang menakjubkan," ungkap Yohanes.

Pada bukit indah di desa Nagerawe ini selain keindahan bunga Gamal kita juga bisa menikmati hamparan bukit dan gunung yang memukau serta sangat memanjakan mata.

Dari Kota Mbay bisa dengan kendaraan bermotor menuju kawasan ini. Waktu yang ditempuh hanya 1 -2 jam perjalanan.

Diatas padang savana ini kita bisa melihat puncak gunung Ebulobo dengan lekukan yang sungguh menarik. Apakah kamu tertarik? Silakan berkunjung ke Nagekeo. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved